Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Sering Kehilangan Sinyal di Rumah? Ini 7 Langkah Mendapatkan Sinyal Handphone yang Baik

Pernahkan saat kamu sedang menelpon keluarga atau teman tiba-tiba telepon terputus?

Setelah melakukan pengecekan ternyata sinyal operator lemah bahkan hilang, sehingga kamu harus mencari sinyal agar bisa menelpon kembali.

Padahal saat itu kita sedang menelpon di rumah dan berada di kawasan perkotaan yang seharusnya memiliki sinyal operator yang kuat. Itulah kenyataan yang harus kamu hadapi, meskipun berada didalam kawasan perkotaan kekuatan sinyal operator belum sepenuhnya baik.

Adakah langkah dan solusi untuk mengatasi masalah di atas?

Tentu saja ada, kali ini kami akan memberikan 7 langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan sinyal operator saat sedang di rumah.

1. Cari Tahu Kekuatan Sinyal Handphone

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengecek kekuatan sinyal yang dimiliki oleh handphone. Apabila menggunakan Android, caranya masuk ke dalam setting, about, kemudian klik network. Setelah itu kekuatan sinyal akan diperlihatkan dalam satuan decible miliwatts (dBm).

Jika kamu menggunakan iPhone, caranya adalah dengan menekan *3001#12345# pada handphone. Setelah itu kamu akan masuk ke menu field test dan bar sinyal akan menjadi satuan dBm.

Jika satuan DbM menunjukan -100 artinya kualitas sinyal sangat buruk. Sedangkan angka yang menunjukkan 70 dBm merupakan tanda bahwa sinyal handphone cukup baik.

2. Petakan Kekuatan Sinyal di Rumah

Setelah kamu mengganti kekuatan sinyal menjadi satu dBm, selanjutnya mulailah berjalan dari satu titik ke titik yang lain di rumah.


Cara seperti ini bermanfaat untuk menemukan titik-titik yang memiliki sinyal kuat di rumah.

3. Gunakan Airplane Mode

Cara selanjutnya, kamu bisa memasang airplane mode selama 3 detik, kemudian matikan mode tersebut. Cara ini dilakukan untuk me-refresh koneksi ke jaringan operator yang sedang digunakan.

Memasang airplane mode untuk sementara juga bermanfaat agar handphone terhubung ke pemancar sinyal yang berlokasi paling dekat. Sehingga sinyal yang diterima handphone menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

4. Coba Buka Jendela Rumah

Jika telpon terasa putus-putus, cobalah untuk membuka jendela rumah dan berdiri di depannya untuk menelpon. Cara seperti ini penting kamu lakukan agar sinyal yang dipancarkan dari luar bisa ditangkap telpon dengan mudah.

5. Apakah Kondisi Baterai Prima?

Jika kamu melihat pesan yang sedang dikirimkan tertunda, cobalah untuk mengecek kondisi baterai handphone. Kebanyakan smartphone biasanya menerapkan mode penghematan daya, saat baterai hampir habis.

Mode penghematan daya bisa saja memutuskan koneksi ke jaringan operator agar baterai bisa bertahan lebih lama.

6. Berada Dekat Dengan Pemancar Sinyal

Jika kamu ingin menggunakan cara ini, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan memasang aplikasi Open Signal di smartphone Android. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah mengetahui keberadaan menara pemancar sinyal yang paling dekat.

Di saat telepon putus-putus atau pesan sangat lama terkirim, mulailah untuk mendekati salah satu menara pemancar yang terdekat. Cara seperti ini terbukti efektif untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat.

7. Jangan Berganti Jaringan

Nah, cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar sinyal handphone terus baik dan tidak hilang adalah mengunci jaringan dan tidak berganti-ganti. Lakukan penguncian pada jaringan 2G Only (GSM), 3G Only (WCDMA), atau 4G Only (LTE).

Selain mendapatkan sinyal yang baik, dengan mengunci pada jaringan tertentu, maka baterai smartphone bisa menjadi lebih awet dari biasanya.

Selamat mencoba!