Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Serunya Bikin Bitmoji untuk Avatar Snapchat

Snapchat bagaikan dunia fantasi; Anda bisa memuntahkan pelangi, menjadi ‘manusia anjing’, sampai bertukar wajah dengan orang lain yang berada dalam frame yang sama. Namun, keseruan yang ditawarkan aplikasi yang dibesarkan oleh Evan Spiegel cs itu tak sampai di sana saja. Misalnya, Anda dapat berkreasi via Bitmoji, aplikasi pembuat emoji, avatar, hingga stiker yang sesuai dengan karakter maupun kehendak Anda.

Bagi Anda yang belum tahu, Anda bisa mengganti avatar Snapchat Anda dengan gambar kartun dari Bitmoji. Hal ini memungkinkan karena Snap Inc., perusahaan induk Snapchat, telah mengakuisisi Bitstrips, pengembang comic strip yang juga inisiator Bitmoji, tahun lalu.

Bahkan, pengguna Bitmoji ini tak cuma datang dari masyarakat awam. Supermodel Miranda Kerr yang juga kekasih Evan Spiegel pernah membuat dan mengunggah Bitmoji yang mengilustrasikan bagaimana CEO Snap Inc. itu berlutut dan memberikan cincin kepadanya saat ia dilamar. Itu hanyalah salah satu dari kreativitas yang bisa dihasilkan lewat Bitmoji. Tentunya, kami yakin Anda bisa membuat yang lebih dari itu.

Baiklah, tak perlu berlama-lama, ini dia cara membuat avatar unik Snapchat dengan bantuan Bitmoji.

1. Langkah pertama yang wajib Anda lakukan setelah memiliki aplikasi Snapchat di smartphone Anda adalah memasang Bitmoji. Alih-alih menjelajahi App Store atau Play Store, Anda bisa meminta Snapchat untuk meng-install Bitmoji tanpa perlu meninggalkan aplikasi yang identik dengan warna kuning itu.
Caranya, buka Snapchat dan sentuh simbol hantu yang menjadi logo Snapchat di pojok kiri atas untuk menuju laman profil Anda. Kemudian pilih ‘Create Bitmoji’.

2. Tak lama, akan muncul deskripsi singkat Bitmoji beserta tombol ‘Create Bitmoji’. Sentuh button berwarna hijau itu. Dari sini, Anda akan diminta mengonfirmasi instalasi Bitmoji. Silakan unduh dan tunggu sampai proses pengunduhan dan instalasi selesai.

3. Setelah usai, masuki aplikasi tersebut dan pilih login menggunakan Snapchat untuk mempercepat proses registrasi. Lalu, pilih jenis kelamin dari avatar yang ingin Anda bikin.


4. Nah, di sinilah kesempatan Anda untuk menuangkan kreativitas dalam membuat karakter Bitmoji (atau Bitstrip). Anda memungkinkan mendesain karakter lebih luwes, entah apakah dengan tujuan untuk membuat karakter yang benar-benar mirip Anda ataukah sekadar membuat karakter asal-asalan alias fiktif, yang penting unik dan nyentrik. Semua itu bisa dilakukan dengan bantuan Bitmoji. Aksesorinya pun lengkap, ditambah pula dengan beragam gesture untuk membuatnya terkesan lebih hidup.

(Kali ini, kami mencoba membuat karakter Superman gondrong. Coba pamerkan pada kami kalau Anda bisa membuat karakter yang lebih ‘gila’).

5. Jika Anda sudah selesai atau merasa puas dengan karakter yang sudah dibuat, sentuh tombol centang di pojok kanan atas. Setelah itu, izinkan Bitmoji terkoneksi dengan Snapchat dengan menekan tombol ‘Agree & Connect’. Dengan ini, maka avatar Anda telah berganti dengan karakter Bitmoji tadi. Anda pun nantinya bisa mengirimkan Bitmoji tersebut sebagai stiker di chat atau tiap snap.

Semisal Anda ingin mengganti aksesori atau memodifikasi penampilan pada karakter Bitmoji Anda, tak usah sungkan untuk membuka aplikasi Bitmoji lagi. Nantinya, tiap perubahan di karakter Anda akan tersinkronisasi secara otomatis ke Snapchat.

Nah, apabila Anda sudah bosan lagi dengan ‘mainan’ Bitmoji ini, Anda bisa mengembalikan avatar Anda seperti semula. Untuk melakukannya, sentuh simbol Snapchat di bagian kiri atas profil Anda, pilih opsi ‘Edit Emoji’ di bagian kiri atas. Setelah itu, tap tombol ‘Unlink your Bitmoji’ untuk menlenyapkan kartun tersebut sebagai avatar Anda.