Review

Setelah Dapatkan Pendanaan Baru, Ini Perubahan Besar Maskoolin.com

[Foto: Kristian, Kemal, Ilham, Errol | maskoolin.com]
Bertempat di Freeware Spaces – Kemang, pada 27 Mei 2016 lalu PT Rocktocom Ritel Busana melakukan acara peluncuran situs barunya, Maskoolin.com. Walaupun startup asli Indonesia ini sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2012, baru kali ini mereka melakukan peluncuran resmi. Selain berganti alamat domain, platform e-commerce yang didirikan oleh Ilham Syafrialdi (CEO), Kristian Harahap, Errol Widhavian dan Mustafa Kemal ini juga berganti konsep.

Berganti Konsep

Sewaktu meluncur pertama kali, Maskoolin masih menggunakan domain maskool.in. Di masa ini konsep mereka sederhana saja, e-commerce fashion, seperti halnya Zalora. Bedanya Maskoolin mengutamakan merek-merek lokal. Mereka juga memiliki brand fashion sendiri yang bernama Koala Authentic.

Kini Maskoolin sudah berganti alamat domain menjadi maskoolin.com. Konsepnya pun berubah. Situs baru Maskoolin ini tidak hanya menawarkan beragam produk fashion saja, mereka kini mengedepankan beragam artikel mengenai tips-tips seputar penampilan. CEO Maskoolin Ilham menjelaskan, artikel yang disajikan ini akan sesuai dengan pilihan karakter dan gaya penggunanya. Begitu juga produk-produk yang direkomendasikan.

Situs baru Maskoolin ini memang mengusung fitur utama personalisasi. Contohnya, jika pengguna menyukai gaya berbusana yang sporty maka konten dan produk yang ditampilkan akan menyesuaikan. Pengguna ini tidak akan diberi rekomendasi gaya busana yang bukan sporty. Apakah benar fitur ini berjalan seperti yang diucapkan Ilham? Nanti saya ulas lebih lanjut.

Maskoolin baru ini sudah berkembang menjadi e-commerce dengan konsep aggregator. Produk dari brand atau retailer yang sudah memiliki website e-commerce akan dikumpulkan dan ditampilkan oleh Maskoolin. Beberapa supplier brand lokal yang bekerjasama dengan Maskoolin antara lain Brodo, Fabelio, Monstore dan Goods Dept. Tidak hanya brand lokal, beberapa brand internasional juga turut mengisi jajaran produk yang ditawarkan Maskoolin, di antaranya: Nike, Fred Perry, Bellroy dan Briston Watches.

Pengalaman Menggunakan Maskoolin

Desain Situs

Sebagai situs yang mengangkat tema fashion style dengan tag line “What Makes a Man“, tentunya desain menjadi penilaian penting pengunjungnya. Bagi saya sih tampilan situs Maskoolin sudah sesuai. Desainnya rapih dan enak dilihat, pilihan jenis hurufnya pun membuat keseluruhan desainnya enak dilihat, meskipun sekilas, pilihan kombinasi warna hitam putihnya mengingatkan pada Zalora (dan VIP Plaza tentunya). Tidak masalah bagi saya.

[Halaman depan Maskoolin.com]

Pendaftaran

Untuk mendapatkan fitur personalisasi di Maskoolin, Anda harus mendaftar terlebih dahulu tentunya. Saat proses mendaftar Anda akan dihadapkan pada pertanyaan seputar pilihan gaya busana Anda. Proses ini dibagi menjadi 4 tahap.


Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID