Home  »  News   »  
News

Setelah Instagram Stories, Kini Facebook Akan Rilis Fitur Serupa dalam Aplikasinya

[Gambar: adweek.com]
Setelah memasukkan fitur Stories pada Instagram, kini Facebook telah memboyong fitur yang serupa ke dalam aplikasinya. Sejauh ini, fitur Facebook Stories ini baru tersedia bagi pengguna Facebook di Irlandia saja,


Bagi yang sudah biasa menggunakan Instagram Stories, pasti Anda akan merasa familiar dengan fitur Facebook Stories ini. Penampilannya sama persis seperti Instagram Stories. Pada aplikasi Facebook, tepatnya di bagian atas News Feed, Anda akan melihat jajaran ikon pengguna yang merepresentasikan Stories seseorang. Sama seperti Instagram Stories,foto dan video yang diposting ke dalam Stories akan menghilang secara otomatis dalam waktu 24  jam. Tentu saja, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai filter maupun efek pada konten yang akan diposting. Yang membuatnya sedikit berbeda dari Instagram Stories adalah adanya fitur Mask atau filter interaktif a la Snapchat.

Pengguna Facebook juga dapat mengirimkan direct message melalui fitur Facebook Stories tersebut. Pojok direct message ini berbeda dengan aplikasi Messenger milik Facebook karena fungsinya dikhususkan untuk merespon konten foto maupun video tertentu. Sama seperti direct message pada Instagram Stories, Anda juga diberikan opsi untuk mengirimkan konten Stories secara pribadi pada teman maupun keluarga.

Sepertinya, langkah Facebook untuk menambahkan fitur Stories ke dalam layanannya dipicu oleh kesuksesan Instagram Stories yang telah digunakan oleh lebih dari 150 juta pengguna aktif per harinya.

Dalam pernyataannya, Facebook menjelaskan: “Dibandingkan lima atau bahkan dua tahun lalu, cara orang-orang dalam berbagi sudah sangat berbeda—kini [orang-orang] cenderung lebih visual dan menggunakan lebih banyak foto dan video dibandingkan sebelumnya. Kami ingin membuat aktivitas berbagi foto dan video yang kreatif dan ekspresif kepada siapapun dan kapanpun mereka mau menjadi cepat dan menyenangkan.”