News

Setelah Tonton Ratusan Video, “Bot” Ini Bisa Prediksi Adegan yang Akan Muncul

[Gambar: npr.org]
Sekelompok ilmuwan MIT dilaporkan telah menciptakan sebuah algoritma yang dapat memahami isyarat visual manusia dalam interaksi sosial dan memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Laboratorium Ilmu Komputer dan Artificial Intelligence di MIT menciptakan sebuah algoritma yang dapat memanfaatkan teknologi deep learning pada artificial intelligence (AI) untuk menggunakan pola interaksi manusia untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Dalam program ini, para peneliti menjejali AI ini dengan video-video yang menampilkan interaksi sosial manusia dan mengujinya untuk melihat apakah AI tersebut dapat mempelajarinya dengan baik dan memprediksikan interaksi sosial manusia.

Menurut laporan, 600 video YouTube dan sitkom—termasuk The Office, Desperate Housewives, dan Scrubs—digunakan guna memperkaya AI tersebut. Salah seorang peneliti dalam proyek ini, Carl Vondrick, menerangkan bahwa yang menjadi kriteria pemilihan video-video ini adalah aksesibilitas dan unsur realisme dalam video.

“Kami hanya ingin menggunakan video dari YouTube secara acak,” kata Vondrick. “Alasan menggunakan [acara] televisi adalah karena akan lebih mudah bagi kami untuk mengakses video tersebut. Selain itu, [acara telivisi] bisa dibilang cukup realistis dalam menggambarkan keadaan sehari-hari.”

Dalam uji cobanya, para peneliti menunjukkan video orang-orang yang akan melakukan salah satu dari empat tindakan ini: memeluk, mencium, tos, dan berjabat tangan. Dari hasil uji coba, AI tersebut 43% menebak dengan benar. Sementara itu, manusia bisa menebak 71% tindakan dengan benar.

Program ini memang masih belum sempurna, namun Vondrick berharap bahwa kelak AI dapat memprediksi interaksi yang lebih rumit. Jika AI tersebut sudah lebih maju, maka teknologi ini bisa digunakan untuk mengembangkan kamera keamanan yang bisa secara otomatis memanggil ambulans jika ada orang yang akan terluka, atau memanggil polisi ketika ada tindak kejahatan yang tengah berlangsung.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID