News

Siap Saingi Skype dan FaceTime, WhatsApp Hadirkan Fitur Video Call

[Foto: pexels.com]
[Foto: pexels.com]
Terkadang, komunikasi melalui jaringan telepon dan teks tidak cukup mengungkapkan maksud seseorang. Oleh sebab itu, fitur panggilan video atau video call menjadi pilihan bagi banyak orang untuk berkomunikasi. Video call dapat membuat percakapan antara Anda dan lawan bicara menjadi lebih seru karena bisa bertatap langsung.

Nah untuk memfasilitasi itu, aplikasi WhatsApp memperkenalkan fitur video call pada Senin, 14 November 2016. Pengumuman tersebut disampaikan langsung WhatsApp lewat blog resminya. Mereka mengatakan dalam beberapa hari ke depan, sekitar 1 miliar pengguna WhatsApp bisa memanfaatkan video call lewat aplikasinya. Kehadiran fitur ini siap menyaingi Skype dan FaceTime dari iPhone.

“Hari ini, dengan gembira kami umumkan langkah untuk menghubungkan orang-orang melalui video call WhatsApp. Dalam beberapa hari mendatang, lebih dari satu miliar pengguna WhatsApp dapat melakukan panggilan video antar perangkat Android, iPhone, atau Windows Phone,” tulis pihak WhatsApp di blog resminya.

Tujuan WhatsApp menghadirkan fitur ini adalah untuk membantu sebanyak mungkin orang untuk terus terhubung dengan teman-teman, keluarga, dan orang-orang tersayang. “Kami membuat produk yang sederhana, mudah digunakan, dan dapat diakses di mana pun Anda berada. Mulai dari perpesanan, chat grup, hingga menambahkan panggilan suara. Itu semua bisa bekerja di ribuan perangkat dan kombinasi platform di seluruh dunia,” ungkap pihak WhatsApp.

Menurut pihak WhatsApp, langkah ini diambil karena kadang kala suara dan teks saja tidak cukup. “Tidak ada hal yang dapat menggantikan menonton cucu Anda mengambil langkah pertama mereka, atau melihat wajah anak perempuan Anda ketika mereka sedang belajar di luar negeri,” tambah mereka.

Mereka ingin membuat fitur video call ini tersedia untuk setiap orang, tidak hanya untuk orang yang dapat membeli ponsel mahal atau orang yang tinggal di negara dengan jaringan data seluler terbaik saja.

Pendiri WhatsApp, Jan Koum, mengatakan bahwa fitur video call akan bisa dinikmati oleh jutaan pengguna di 180 negara setelah diluncurkan di India. “Kami ingin memenuhi keinginan pengguna,” kata Koum dalam wawancara di markas WhatsApp di Mountain View, California.

Dalam beberapa waktu sebelumnya, memang sebagian pengguna ponsel berbasis Windows Phone dan Android sudah bisa melakukan video call melalui WhatsApp. Namun saat itu masih dalam bentuk uji coba versi beta, sehingga beberapa kekurangan masih terasa. Salah satunya adalah karena faktor jaringan.

Berbeda dari para pesaingnya, fitur video call WhatsApp diklaim lebih aman dan tidak bisa ditembus oleh para peretas atau institusi mata-mata pemerintah. Fitur video call WhatsApp diklaim dilindungi oleh enkripsi end-to-end, sehingga komunikasi pengguna secara teknis tak mempan diretas oleh perusahaan, pemerintah, atau pihak mana pun.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup memperbarui aplikasi WhatsApp yang ada di App Store, Play Store atau Windows Store. Cara menggunakan video call WhatsApp hampir sama dengan membuka menu voice call. Caranya, tap ikon telepon di halaman percakapan, kemudian akan muncul pop up berisi pilihan voice call atau video call. Pilih opsi video call, dan Anda sudah bisa melakukan video call seperti di layanan lainnya.

“Tahun demi tahun kami menerima banyak permintaan video call. Kami gembira karena akhirnya dapat menawarkan fitur ini kepada dunia. Terima kasih karena telah menggunakan WhatsApp dan kami berjanji untuk terus berupaya keras setiap hari untuk meningkatkan layanan kami,” tutur pihak WhatsApp di blog resminya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID