Home  »  News   »  
News

Siap-Siap, Jaringan 5G Bakal Hadir di Tahun 2020

[Foto: jalantikus.com]
Saat ini, kita tengah dimanjakan dengan jaringan 4G. Di era ini, kecepatan mengunduh bisa ribuan kali lebih cepat dari pertama kali internet mobile hadir. Lalu, bagaimana jika jaringan itu berubah menjadi lebih cepat lagi?

Ya, jaringan 5G tidak lama lagi akan hadir untuk Anda. Dilansir dari Phone Arena, jaringan yang digadang-gadang bisa 10x lebih cepat dari jaringan 4G LTE Advanced ini diumumkan akan muncul di 2020 mendatang. Namun, untuk menuju kesempurnaan jaringan 5G memang tak bisa cepat. Karena proses menuju ke sana sangat panjang dan berliku.

Khusus di area Amerika Serikat, 5G akan pertama kali dibawa ke konsumen oleh provider Verizon secara komersial. Namun sebelum itu, harus ada standardisasi dari berbagai teknologi jaringan, alokasi spektrum nirkabel, dan berbagai perangkat keras transmitter yang harus dikembangkan dan dibangun. Oleh karena itu, pengembangannya bakal memakan waktu cukup lama.

Pada 2015 lalu, perusahaan telekomunikasi masih dalam tahap awal pengembangan 5G. Dilansir dari CNN, presiden perusahaan penyedia layanan telekomunikasi AT&T, Bill Smith mengatakan bahwa mereka belum ada standar yang ditetapkan untuk 5G. Diperkirakan, Serikat Telekomunikasi Internasional di PBB baru akan mendefinisikan 5G pada 2018 dan menetapkan standarnya pada 2019.


Meski tahun 2020 kita belum bisa menikmati jaringan ini secara komersial, atau bahkan lebih lama jika di Indonesia, akan tetapi versi pra-standardisasi dari jaringan 5G akan dipakai secara langsung untuk Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan. Selain sebagai peluncuran awal, ini juga sekaligus uji coba teknologi jaringan terbaru.

Ada beberapa patokan soal 5G di masa mendatang, yaitu jaringan ini akan jauh lebih cepat, lebih pintar, dan lebih irit energi ketimbang 4G. Selain itu, 5G tidak hanya digunakan di ponsel, tapi juga di berbagai perangkat pintar rumah tangga dan benda pakai lainnya.

Bagaimana Kecepatan 5G?
Kecepatan 5G diprediksi melesat 40 kali lebih cepat dari 4G. Jaringan 5G cukup kuat untuk memutar video beresolusi 8.000 pixel alias “8k” dalam format 3-D atau mengunduh film 3-D dalam waktu hanya 6 detik. Di jaringan 4G, film 3-D diunduh selama 6 menit.

Sayangnya, kecepatan itu biasanya hanya terbukti dalam eksperimen laboratorium, tidak di keadaan sebenarnya yang biasanya lebih lambat dari yang dijanjikan. Namun tetap saja, 5G jauh mengungguli 4G dari sisi kecepatan.

Di lain waktu dan tempat, sebuah uji coba versi belum sempurna dilakukan oleh T-Mobile. Mereka mencatat, kecepatan unduh dengan jaringan 5G hingga 12 GB per detik. Artinya, 1.200 kali lebih cepat ketimbang kecepatan rata-rata jaringan 4G LTE. Namun untuk pemakaian konsumen, para penyedia jasa jaringan mungkin hanya akan memberi 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

Ini adalah angka yang mengesankan. Mengingat kenaikan kecepatan rata-rata jaringan per generasi biasanya tak signifikan. Dari 3.5G ke 4G LTE, kecepatan hanya naik dari 42.2 MB per detik ke 100 MB per detik, meskipun di 4G LTE Advanced kecepatan bisa mencapai 1.000 MB per detik. Koneksi 5G bisa mencapai 10.000 MB per detik.

Keunggulan lain dari 5G adalah mampu membaca perintah dengan cepat. Pengguna bisa lebih cepat membuka situs, aplikasi, video dan pesan. Kebanyakan eksperiman 5G dilakukan di frekuensi tingkat tinggi, sekitar 73.000 MHz. Saat ini, jaringan sinyal ponsel berada di frekuensi 700 hingga 3.500 MHz.

Untuk kekurangannya, gelombang 5G sangat pendek dan tidak mudah menembus dinding. Artinya, diperlukan ribuan atau bahkan jutaan menara telekomunikasi mini di setiap tiang lampu, bangunan, dalam rumah, atau bahkan di setiap kamar. Inilah yang tengah dicari solusinya.

Lantas, kapan jaringan 5G bakal hadir di Indonesia? Kita tunggu saja.