News

Siapkan Konsol Baru, Atari Akan Adaptasi Teknologi dari PC

Logo Atari [Foto: TechRadar]
Para gamers yang lahir dan tumbuh besar di periode kurang lebih 80-an hingga 90-an pasti mengenal satu sosok konsol yang superior saat itu, yakni Atari. Konsol klasik tersebut terbukti menjadi salah satu yang paling dicari di zamannya. Belakangan, sekalipun sudah tidak menyediakan konsol, Atari tetap ada dan memberikan sumbangsihnya untuk para gamers dengan cara merilis game yang dipeloporinya, misalnya Roller Coaster Tycoon.

Namun, Atari sebentar lagi akan mentas dari “balik layar” dan membuat konsol baru. Mengutip Tech Radar, hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh CEO Atari, Fred Chesnais. Menurut Fred, Atari akan memberikan penyegaran dari segi konsol, yang secara otomatis memberikan kegembiraan sekaligus membangkitkan lagi sisi nostalgia para gamers yang dulu kerap menghabiskan waktu bersama konsol Atari. Belum resmi memang, namun kabar burung menyebutkan bahwa konsol terbaru Atari tersebut bakal diberi nama Ataribox.

Secara teknis, belum ada informasi yang dikonfirmasi oleh Atari kepada khalayak ramai. Akan tetapi, disebutkan oleh Fred bahwa Atari sekarang sedang berada dalam pengerjaan perangkat kerasnya. Sedikit membocorkan juga, Fred berujar pada awak media bahwa konsol terbaru Atari akan menggunakan teknologi yang mirip dengan teknologi yang dimiliki oleh PC game level menengah ke atas.

Baca Juga:  LG Mulai Merilis Pembaharuan Android Nougat Untuk LG G5 Secara Bertahap

Sekedar berspekulasi saja, ada kemungkinan konsol Atari bakal memiliki spesifikasi mirip dengan beberapa konsol mutakhir, di mana penggunaan hard drive akan sangat krusial untuk menyimpan dan menjadi storage utama pemiliknya dalam bermain game. Tapi untuk masalah prosesor dan VGA, setidaknya hingga kabar ini dipublikasikan belum ada gambaran jelas mengenai seperti apa performa dari konsol Atari tersebut.

Sedikit menyibak wajah dari konsol Atari terbaru, akun YouTube Atari yang diberi nama Ataribox sebenarnya sudah cukup lama mengunggah sebuah video calon konsol terbarunya. Agak berbeda dengan PlayStation dan Xbox yang benar-benar modern dan futuristik di segala bidang, tampilan calon konsol terbaru Atari justru mengangkat tema yang sedikit vintage. Permukaan konsol yang tampak terbuat dari kayu, seperti menjadi perimbangan elemen plastik berwarna hitam dengan bentuk garis-garis. Dua karakteristik utama tersebut langsung dikawinsilangkan dengan logo besar Atari yang menyala menggunakan LED.

Fred juga menambahkan bahwa calon konsol anyar Atari ini akan sangat support dengan game terbaru dan game klasik sekaligus. Setali tiga uang, game-game lawas seperti yang diproduksi pada konsol NES alias Nintendo Entertainment System juga tak akan ketinggalan untuk dimunculkan serta dapat dimainkan di konsol itu. Game lawas tersebut bakal bisa dimainkan menggunakan sistem emulator yang sudah ter-install di dalamnya.

Baca Juga:  Riset: Misi ke Mars Timbulkan Risiko Kanker pada Astronaut

Sayangnya konsol yang sudah mulai dipertontonkan teasernya pada tanggal 8 Juni 2017 yang lalu tersebut belum mendapatkan kepastian terkait kapan dan di mana bakal dipamerkan di depan publik untuk pertama kalinya.

Sekedar informasi, konsol Atari sudah eksis sejak tahun 1972 dan menjadi salah satu konsol yang paling diperhitungkan eksistensinya. Hanya saja keberadaan PlayStation dan mesin game bikinan Microsoft lama-kelamaan menggilas Atari, terutama pada awal 2000-an. Hampir bisa diperkirakan, kehadiran konsol terbaru Atari akan membuat persaingan di industry game semakin ketat. Kira-kira, mampu tidak ya Atari membalas dengam pada Sony dan Microsoft?