Home  »  News   »  
News

Sleekr Luncurkan Platform Berbasis Cloud Terbarunya untuk Atasi Masalah Administratif Perusahaan

Dari Kiri ke Kanan, Francesca Tanmizi (Head of Product and Marketing), Suwandi Soh (CEO and Co-Founder), Agung Harry Purnama (Director of Technology, Co-Founder), Dirman Suharno (Head of Product Design, Co-Founder) [Foto: doc. Sleekr]
Pernahkan Anda merasakan kesulitan saat akan meminta cuti, harus mengirim email kepada semua orang termasuk atasan Anda, dan sebagainya. Bagaimana saat mengajukan klaim atau reimbursement? Anda yakin telah memberi semua berkas kelengkapan klaim pada bagian HR atau keuangan, tapi koq klaim Anda tak juga turun? Mau tanya, tapi nggak enak.

Rasanya, hampir semua karyawan di perusahaan pernah mengalami masalah di atas. Dan itulah sebagian di antara banyak masalah administratif yang coba diatasi oleh Sleekr, startup yang mengembangkan aplikasi HR dan akunting.

Sleekr akhirnya memperkenalkan platform terbarunya, yakni Sleekr HR 3.0 dan Sleekr Accounting, kepada para calon penggunanya. Keduanya merupakan platform bisnis berbasis teknologi cloud computing (komputasi awan) yang dirancang bagi perusahaan modern, mulai dari startup, usaha kecil menengah (UKM), perusahaan skala menengah hingga established companies yang sudah besar.

Tujuan dari platform ini adalah untuk menciptakan proses kerja dan administrasi yang efektif dan mudah, khususnya yang berkaitan dengan human resources atau SDM, juga yang berkaitan dengan pembukuan dan keuangan.

Pada konferensi pers yang diadakan di Intercontinental Midplaza Jakarta, Selasa, 7 Februari 2017 lalu, CEO dan co-founder Sleekr Suwandi Soh mengemukakan pentingnya pengelolaan administrasi SDM dan keuangan yang baik. Dia juga menekankan, walaupun banyak perusahaan yang punya produk dan konsep yang bagus, sebagian dari mereka ternyata kurang memperhatikan sistem administrasi SDM dan keuangan, sehingga proses kerjanya kurang efektif.


“Kini, semakin banyak perusahaan yang merasakan sulitnya mengelola dan memperoleh data yang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Hal ini berdampak pada timbulnya kesalahan perusahaan yang dapat memberikan kerugian yang signifikan. Oleh karena itu, Sleekr hadir untuk membantu menghindari kesalahan tersebut melalui sebuah platform yang efisien dan mudah untuk digunakan oleh perusahaan,” kata Suwandi di sela konferensi tersebut.

Menurut rilis pers yang ada, Sleekr HR membantu perusahaan mengelola pekerjaan administrasi karyawan seperti manajemen absensi, cuti, klaim dan reimbursement, perhitungan gaji hingga perpajakan dan BPJS. Data statistik seperti seperti turnover karyawan, rekap absensi, dan biaya karyawan, yang biasanya membutuhkan waktu hingga berjam-jam untuk dikerjakan, dapat diperoleh secara otomatis melalui platform ini. Selain itu, Sleekr juga bertujuan untuk membentuk lingkungan kerja yang lebih menyenangkan melalui fitur-fitur lain seperti broadcast perusahaan dan pengingat ulang tahun karyawan.

Selain itu, ada juga Sleekr Accounting yang membantu perusahaan dalam memantau performa perusahaan secara mudah dan real time. Platform ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan pembukuan, pemantauan transaksi jual-beli, hingga menghitung rasio dan memperoleh laporan keuangan secara otomatis, dimana saja dan kapan saja. Dengan penggunaan dan level pemahaman yang mudah, Sleekr Accounting sangat mungkin untuk digunakan oleh pemilik bisnis yang tidak memiliki pengetahuan mumpuni tentang keuangan.

“Platform bisnis Sleekr telah membantu perusahaan untuk menghemat waktu sebanyak 400 jam per tahun dengan mengurangi 80 hingga 90 persen waktu pengerjaan untuk hal administratif” kata Suwandi. “Hal ini memungkinkan manajer HR dan keuangan perusahaan untuk lebih fokus pada hal yang bersifat strategis dibandingkan pekerjaan administratif. Selain itu, karyawan juga dapat diuntungkan, karena kini mereka dapat memperoleh persetujuan klaim dan cuti, yang biasanya memakan waktu dua jam hingga hitungan hari, menjadi kurang dari 30 menit.”

Menurut dia, pihaknya telah merancang model bisnis yang terjangkau bagi perusahaan, bahkan yang masih berskala kecil atau mikro hingga perusahaan skala besar, termasuk perusahaan terbuka.

“Untuk Sleekr HR, biaya yang kami tetapkan bergantung pada besarnya perusahaan, karena sistem pembayarannya adalah per karyawan. Sedangkan untuk Sleekr Accounting, biaya yang ditetapkan dapat disesuaikan dengan fitur yang dibutuhkan perusahaan. We believe in growing with them,” kata Suwandi.