News

Smartphone Android Terbaru Nokia Bakal Dirilis 2017

Lumia Windows Phone, salah satu smartphone keluaran Nokia [Foto: Pexels.com]
Lumia Windows Phone, salah satu smartphone keluaran Nokia [Foto: Pexels.com]
Nokia telah menjadi bagian dari kenangan akan masa lalu nan gemilang, sebelum smartphone mendominasi pasar seperti sekarang. Seperti halnya Blackberry yang pada akhirnya harus tersingkir di arena persaingan smartphone alias ponsel pintar dunia, Nokia dahulu harus menyerah pada dominasi merek-merek baru yang lebih inovatif dan dinamis, seperti Apple dan Samsung.

Setelah kalah bersaing, Nokia mengambil keputusan yang cukup kontroversial: bekerjasama dengan Microsoft dan meluncurkan Windows Phone, dan menolak Android. Sayangnya, seperti yang telah diprediksi, kerjasama tersebut tak membuahkan hasil yang menyenangkan, dan malah berakhir dengan dibelinya divisi smartphone Nokia oleh Microsoft, bersama dengan hak eksklusif untuk memproduksi perangkat genggam dengan merek Nokia. Dan merek itupun perlahan tenggelam…

Namun angin segar nampaknya kembali berhembus bagi Nokia, setelah perusahaan tersebut berhasil meyakinkan investor untuk meluncurkan produk smartphone terbaru pada tahun 2017 mendatang.

Ponsel pintar yang dipasarkan oleh perusahaan asal Finlandia HMD tersebut disinggung dalam presentasi para eksekutif Nokia Technologies di acara Capital Markets Day, Senin, 21 November 2016 kemarin.

“Merek Nokia kini kembali (fokus) pada smartphone” kata perwakilan dari perusahaan tersebut mengenai rilis produknya tahun 2017 mendatang. Walaupun diproduksi perusahaan lain, ponsel baru Nokia merupakan bagian dari model terlisensi dari merek Nokia, dimana perusahaan tersebut berperan melakukan pengawasan atas merek dan paten, sementara Foxconn melakukan riset dan pengembangan, serta produksi.

Sementara itu, HMD yang telah memegang lisensi 10 tahun untuk menggunakan merek Nokia untuk ponsel, bertanggung jawab dalam pengembangan, pemasaran, dan penjualan ponsel dan aksesori merek Nokia.

Detail dan spesifikasi produk smartphone Android Nokia tahun 2017 sejauh ini masih dirahasiakan, namun beberapa situs memperkirakan Nokia D1C akan jadi ponsel pintar pertama Nokia yang dirilis tahun depan. Ponsel tersebut diperkirakan akan dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 3GB, dan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel, dan kamera belakang 8 megapiksel.

Namun pada tahun 2017, Nokia telah berencana untuk melakukan “expanded VR leadership,” seperti yang disinggung pada slide presentasi mereka. Beberapa menginterpretasikan Nokia akan mulai merambah kepada produk virtual reality, seperti headset yang baru-baru ini dirilis Google. Nokia juga sempat menyinggung soal “Digital Health,” yang ditengarai merefleksikan akuisisi Withings, perusahaan elektronik konsumer asal Perancis dengan tujuan menambah portofolio produk kesehatan dan kebugaran yang wearable.

Pihak perusahaan juga mulai menyinggung tentang “ekspansi lisensi paten pada produk elektronik genggam, otomotif, dan elektronik konsumer” yang kedengarannya menjanjikan. Kita tunggu saja!

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID