News

Snapchat Berkolaborasi Dengan Foursquare Untuk Tingkatkan Efisiensi “Geofilter”

[Gambar: @mharkey | medium.com]
Snapchat dilaporkan telah berkolaborasi dengan Foursquare untuk menyajikan geofilter yang lebih “spesifik, kreatif, dan menyenangkan” bagi para pengguna Snapchat. Secara spesifik, pembaharuan terhadap geofilter ini memungkinkan pengiklan untuk menawarkan geofilter di lokasi yang lebih spesifik dari sebelumnya.

Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya: Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan geofilter pada Snapchat? Geofilter Snapchat merupakan filter khusus pada Snapchat yang hanya bisa digunakan pada lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Berbeda dengan filter lain yang sudah disediakan dari Snapchat, filter ini bisa menggunakan desain dari kita sendiri. Dari jenisnya, geofilter ini dibagi menjadi dua tipe: Community Geofilter dan On-Demand Geofilter. Dalam Community Geofilter, siapapun bisa membuat geofilter sendiri secara gratis untuk kota, universitas, atau tempat publik lainnya. Sementara itu, On-Demand Geofilter biasanya dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mempromosikan brand mereka atau oleh individu yang ingin membuat geofilter khusus acara tertentu, misalnya pesta pernikahan. Untuk yang satu ini, Anda diharuskan membayar sejumlah dana untuk mengaktifkan geofilter tersebut.

Kembali lagi ke topik awal. Dengan kerja sama ini kini para pebisnis bisa mengakses 90 juta titik lokasi yang dimiliki Foursquare ketika sedang melakukan strategi marketing dengan menggunakan geofilter. Misalnya, alih-alih memilih satu mall sebagai lokasi geofilter tertentu, sekarang para pebisnis bisa lebih spesifik memilih sebuah lokasi, seperti contohnya sebuah restoran yang terdapat di dalam mall tersebut. Dengan begitu, orang-orang yang sedang berada di dalam mall yang sama namun tidak masuk ke dalam restoran itu tidak akan bisa mengakses geofilter tersebut.

Dengan parameter yang lebih spesifik dan terpusat, penggunaan geofilter untuk kepentingan marketing tentunya akan semakin efisien dan efektif. Sayangnya, pada saat artikel ini ditulis, fitur On-Demand Geofilter masih belum tersedia di Indonesia.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID