Home  »  News   »  
News

Snapchat Hadirkan Fitur Universal Search Pada Layanannya

[Gambar: techcrunch.com]
Wahai pengguna Snapchat, berbahagialah. Sekarang Snapchat telah memperbaharui fitur universal search yang akan mempermudah pengguna untuk menemukan teman, grup, stories, dan konten lain pada Snapchat. Untuk sementara ini, fitur ini baru tersedia untuk sebagian pengguna Android. Namun, kelak seluruh pengguna Android dan iOS juga akan bisa menikmati fitur ini. Bar universal search ini terdapat pada sisi atas layar aplikasi Snapchat, sehingga ia akan lebih mudah diakses ketika pengguna sedang browsing atau berbagi foto.


Universal search ini akan sangat membantu bagi brand maupun influencer yang ingin membangun audiens pada platform media sosial ini. Sebelumnya, mendapatkan pengikut baru adalah hal yang sulit karena pengguna harus membagikan username atau Snapcode mereka di luar aplikasi Snapchat. Selain itu juga, dengan adanya universal search bar ini, Snapchat pun bisa mendapatkan peluang monetisasi yang baru. Seperti yang dikutip dari Techcrunch, Snapchat bisa saja memberikan opsi berbayar yang memungkinkan pengiklan untuk memasukkan akun brandnya di bagian atas hasil pencarian atau sebagai salah satu akun yang direkomendasikan pada halaman pencarian.

Melalui universal search bar itu juga Anda bisa langsung masuk ke dalam profil Snapchat Anda dengan menekan ikon Bitmoji Anda yang ada di pojok kiri atas layar. Jika Anda memilih kartu autosuggest atau hasil pencarian teman, Anda bisa langsung memulai percakapan dengan mereka. Anda juga dapat menekan thumbnail Stories mereka untuk langsung menyaksikannya. Anda juga bisa menekan dan menahan kartu seorang pengguna untuk melihat mini profile mereka. Tidak hanya itu, Snapchat dikabarkan akan memperbolehkan semua penggunanya untuk memposting klip video pada tab “Our Story,” yang biasanya hanya digunakan oleh staf Snapchat untuk memposting konten yang berfokus pada sebuah acara atau lokasi.