Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Solusi untuk Atasi CD/DVD Drive yang Menghilang atau Tak Terdeteksi pada Windows 10

[Gambar: wisegeek.com]
Transisi dari sistem Windows terdahulu ke Windows 10 tidak selamanya mulus. Ada kasus-kasus di mana pengguna tidak bisa menemukan ikon drive CD / DVD setelah mereka meng-upgrade ke sistem operasi Windows 10. Bahkan, ikon drive CD / DVD tersebut sama sekali tidak muncul pada This PC maupun panel navigasi di File Explorer (Windows Explorer) setelah upgrade. Pengguna yang melakukan clean install pada PC Windows 10 nya juga melaporkan bahwa PC Windows 10 mereka tidak mendeteksi drive CD / DVD. Untungnya, Anda bisa dengan mudah mengembalikan ikon drive CD / DVD yang hilang dalam waktu kurang dari 5 menit. Jika ikon drive CD / DVD hilang dari This PC atau File Explorer, silahkan ikuti metode-metode di bawah ini untuk memperbaikinya.

Metode 1

Mengembalikan drive CD / DVD dengan menggunakan Command Prompt

Metode yang satu ini merupakan metode termudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini caranya.

Langkah 1: Jalankan Command Prompt sebagai administrator. Untuk melakukannya, klik kanan pada tombol Start pada taskbar, kemudian klik Command Prompt. Kemudian klik tombol Yes ketika Anda melihat kotak dialog User Account Control. Anda juga bisa mengetikkan CMD pada kolom pencarian pada Start menu kemudian menekan tombol Ctrl + Shift + Enter secara bersamaan untuk membuka Command Prompt sebagi admin.


Langkah 2: Pada Command Prompt, masukkan command di bawah ini, kemudian tekan tombol Enter jika sudah. Anda juga bisa menggunakan hotkey Ctrl+C dan Ctrl+V untuk melakukan copy dan paste.

reg.exe add “HKLM\System\CurrentControlSet\Services\atapi\Controller0” /f /v EnumDevice1 /t REG_DWORD /d 0x00000001

Setelah memasukkan command tersebut, tekan tombol Enter untuk menjalankan command tersebut. Setelah command tersebut berhasil dijalankan, Anda akan melihat pesan “The operation completed successfully”. Sekarang, Anda bisa menutup layar Command Prompt. Setelah itu, ikon drive CD / DVD harusnya sudah muncul kembali di This PC dan File Explorer.

Metode 2

Mengembalikan drive CD / DVD dengan menggunakan program pihak ketiga

Pada metode ini, Anda harus menggunakan tool bernama DVD Drive Repair. Tool ini sangat berguna jika ikon drive CD / DVD Anda tidak ada atau jika drive CD / DVD Anda tidak bisa dideteksi oleh Windows 10. Berikut ini cara menggunakannya.

Langkah 1: Buka halaman ini untuk mengunduh program DVD Drive Repair secara gratis. Ekstrak file zip untuk mengakses program tersebut.

Langkah 2: klik dua kali pada tool DVD Drive Repair yang sudah diunduh untuk menjalankannya. Anda tidak perlu melakukan proses instalasi karena ini merupakan program portable. Harap diingat, pilihlah versi tool yang sesuai dengan PC Anda.  Jika Anda menggunakan Windows 10 versi 64-bit, pastikan Anda menggunakan DVDDrive_x64 alih-alih DVDRepair

Langkah 3: Setelah menjalankan tool tersebut, klik tombol Repair DVD Drive (Icon). Selanjutnya, restart PC Anda untuk menyelesaikan proses perbaikan ini.