Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Solusi untuk Atasi Pesan Error “USB device not recognized“ pada PC Windows 10

[Gambar: youtube.com]
Pernahkah Anda melihat sebuah pesan berbunyi “USB device not recognized. The last USB device you connected to this computer malfunctioned, and Windows does not recognize it” ketika sedang mencolokkan USB atau flashdisk Anda ke PC? Jika ya, jangan dulu panik dan membeli flashdisk baru. Masih ada banyak metode yang bisa Anda coba untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini metode-metode yang bisa Anda lakukan.

Metode 1

Restart PC Windows 10 Anda

Pada berbagai kasus, me-restart PC bisa jadi solusi termudah untuk mengatasi berbagai macam masalah dalam Windows. Jadi, sebelum melakukan metode lain, tidak ada salahnya untuk me-restart PC Anda. Jangan lupa, simpan dulu pekerjaan Anda dan tutup aplikasi-aplikasi yang masih terbuka. Pastikan Anda sudah mencabut flashdisk dari PC sebelum melakukan restart atau shutdown. Colokkan kembali flashdisk setelah PC kembali menyala.

 

Metode 2

Cabut koneksi PC Anda dari sumber listrik dan sambungkan kembali setelah 15 menit

Mungkin terdengar konyol, tapi sebenarnya metode ini cukup ampuh jika Anda mendapatkan pesan error USB device is not recognized. Sebelum memutuskan hubungan dengan sumber listrik, pastikan Anda sudah mematikan PC kemudian mencabut kabelnya. Tunggu selama kurang lebih 10 – 15 menit, lalu nyalakan kembali PC Anda.

Metode 3

Colokkan flashdisk ke port lain

Metode ini mungkin tidak selalu ampuh, tapi selalu ada kemungkinan flashdisk Anda bisa terdeteksi  ketika menggunakan USB port yang berbeda. Jika Anda menggunakan komputer desktop, coba colokkan flashdisk Anda ke dalam port USB yang berada di belakang komputer (bagian belakang CPU).


Metode 4

Perbarui driver USB

Langkah 1: Buka Device Manager dengan cara mengklik kanan tombol Start, kemudian klik Device Manager.

Langkah 2: Buka Universal Serial Bus controllers dan lihat apakah ada perangkat USB yang tidak dikenal. Jika ada perangkat USB yang tidak dikenal (unknown), klik kanan pada entri tersebut, lalu klik Update Driver Software. Kemudian, klik Search automatically for update driver software untuk membiarkan Windows 10 mengunduh dan menginstall driver terbaru secara otomatis.

Metode 5

Perbarui driver Generic USB Hub

Langkah 1: Sekali lagi, buka Device Manager, kemudian buka Universal Serial Bus controllers untuk melihat satu atau lebih Generic USB Hubs.

Langkah 2: Klik kanan pada Generic USB Hub yang pertama (jika ada dua atau lebih hub), klik Update Driver Software, lalu klik Browse my computer for driver software. Setelah itu, klik Let me pick from a list of device drivers on my computer, pilih Generic USB Hub, lalu tekan tombol Next. Beberapa saat kemudian, Anda akan mendapat sebuah pesan yang berbunyi “Windows has successfully updated your driver software”.

Metode 6

Install ulang USB drive

Perlu diingat, sebaiknya Anda membuat System Restore Point atau image backup sebelum mencoba untuk menginstal ulang driver USB. Dengan ini Anda bisa kembali ke restore point yang telah dibuat sebelumnya jika Windows 10 gagal menginstall ulang semua driver.

Langkah 1: Klik kanan pada Start di taskbar untuk melihat menu power user, kemudian klik Device Manager untuk membuka menu tersebut.

Langkah 2: Buka jaringan Universal Serial Bus Controller. Klik kanan pada entri pertama, pilih opsi Uninstall, kemudian klik tombol OK saat melihat kotak berisi konfirmasi. Lakukan operasi ini pada semua entri di dalam Universal Serial Bus Controller.

Langkah 3: Untuk menginstall kembali driver USB, silahkan restart PC Anda.