Home  »  News   »  
News

Sony Dikabarkan Bakal Luncurkan Smartphone “Bezel-less”

[Foto: phonearena.com]
Kini, desain smartphone dengan layar tanpa bingkai alias bezel-less tampaknya mulai banyak dilirik oleh kalangan vendor gadget. Setelah Samsung, Xiaomi, dan (kemungkinan besar) Apple, kini Sony juga dikabarkan bakal meluncurkan smartphone bezel-less pertama mereka dalam waktu dekat.

Menurut informasi yang beredar melalui jejaring sosial Weibo, kabarnya, ponsel bezel-less Sony disiapkan untuk hadir dalam perhelatan Internationale Funkausstellung (IFA) 2017 di Berlin, Jerman, akhir Agustus mendatang.

Sebelumnya, Sony memang sempat dikabarkan bakal menggunakan layar bezel-less jenis baru buatan Japan Display (JDI) di produk smartphone buatan mereka. JDI diketahui dimiliki bersama oleh Sony, Toshiba, dan Hitachi.

Melansir dari laman Phone Arena, smartphone anyar yang bakal diluncurkan Sony memiliki layar berukuran 6 inci dan resolusi QHD (2.560 x 1.400 piksel). Aspect ratio yang digunakan adalah 18:9. Panel display besutan JDI ini juga mampu dioperasikan dengan tangan basah, sehingga cocok bagi ponsel anti-air seperti seri Xperia.

Jika benar akan meluncurkan ponsel bezel-less, maka Sony akan bergabung dengan jajaran vendor ponsel lain yang telah lebih dulu menelurkan produk serupa, antara lain Samsung (Galaxy S8) dan Xiaomi (Mi Mix).

Samsung Galaxy S8 menggunakan prosesor terbaru dan berkelas Snapdragon 835. Smartphone ini mengusung desain layar yang diberi nama Infinity Display yang menunjukkan desain bezel-less dan juga curved screen.


Smartphone tersebut memiliki layar yang cukup lebar, yakni 5,8 inci. Pada sisi depan, smartphone ini dibekali dengan sebuah kamera selfie berukuran 8 megapiksel (F1.7) dengan autofocus dan face detection. Sedangkan kamera utama, memiliki ukuran 12 MP. Dalam penyimpanan data, Samsung Galaxy S8 menggunakan kapasitas memori berukuran 64 GB atau bisa juga dengan tambahan memori eksternal hingga 256 GB.

Sedangkan Xiaomi menyediakan dua varian Mi Mix, yakni versi standar dan versi eksklusif. Keduanya tersedia dalam warna hitam. Versi standar sendiri dilengkapi dengan RAM 4 GB dan memori penyimpanan 128 GB. Sedangkan versi eksklusif dilengkapi RAM 6 GB dan media penyimpanan internal berkapasitas 256 GB.

Soal spesifikasi, Mi Mix pun disematkan elemen-elemen premium, seperti prosesor Snapdragon 821, baterai 4.400 mAh, kamera 16 megapiksel (utama) dan selfie (5 megapiksel), audio HD, serta Quick Charge 3.0.

Sharp juga dikabarkan bakal merilis ponsel bezel-less pada Juli 2017

Selain Sony, Sharp juga dikabarkan bakal merilis dua jenis ponsel bezel-less baru pada Juli 2017. Dua smartphone tersebut adalah model FS8010 dan FS8016, yang dikemas dengan layar 5,5 inci serta memiliki screen-to-body ratio tinggi dan resolusi 2.048 x 1.080 piksel. Keduanya juga akan hadir dengan dukungan kamera belakang 12 MP dan kamera depan 8MP.

Soal dukungan chipset yang disematkan, Sharp membekali FS8010 dengan chipset Snapdragon 630, sedangkan FS8016 akan dibekali dengan chipset Snapdragon 660. Dengan spesifikasi tersebut, jelas FS8016 adalah model teratas dari keduanya.

Menariknya, Sharp juga mengemas kedua smartphone terbarunya ini memiliki desain yang mirip Xiaomi Mi Mix. Bezel-less di bagian bawah layar dan keseluruhan area layar menyumbang setidaknya 91,3 persen dari bagian depan perangkat.

Spesifikasi lainnya yang juga terungkap dari kedua smartphone kelas menengah ini adalah sistem operasi yang diadopsi, yakni Android 7.1.1 Nougat dan pilihan RAM 4 GB atau 6 GB. Pihak Sharp sendiri sudah berani sesumbar bahwa kedua smartphone ini bakal dijual dengan harga terjangkau.