News

Sony Meluncurkan Headset Playstation VR

[Foto:  theusbport.com]
Momentum pertempuran virtual reality (VR) yang kini tengah marak digunakan Sony untuk menciptakan virtual reality ala Sony yang relatif lebih murah dengan kualitas premium. Pada hari Kamis, 13 Oktober 2016 lalu, perusahaan elektronik asal Jepang ini meluncurkan headset VR yang dapat digunakan untuk game konsol PlayStation 4, yang disebut dengan PlayStation VR (PS VR).

Kabarnya, untuk mendapatkan PlayStation VR kita harus merogoh kocek sebsar $ 399, lebih rendah dari virtual reality high-end saingannya yaitu Facebook Oculus Rift yang seharga $ 599 dan HTC Vive dengan harga $ 799. “Saya pikir ini harga yang sangat pas,” kata Bob O’Donnell, pendiri dan kepala analis di Penelitian Technalysis pada CNBC “The Rundown” pada hari Kamis.

“Fakta lainnya, PlayStation VR akan dapat digunakan bersama dengan 40 juta PlayStation 4 yang sudah ada di luar sana. Merupakan satu keuntungan yang besar karena ketika Anda berbicara tentang Vive, Oculus Rift, Anda harus membeli komputer pribadi yang high-end pula, di mana tak banyak orang yang memilikinya. ” lanjut O’Donnell. Untuk menggunakan PS VR, pengguna membutuhkan PS4, PlayStation Camera dan PlayStation Move.

Menurut Sony, kebanyakan game dimainkan dengan menggunakan DualShock 4 kontroler nirkabel Sony. PlayStation VR hadir dengan headset dan demo disc gratis berisi beberapa demo permainan. PS VR pun siap menarik hati para penghobi game. Pengguna dapat menunduh Playroom VR berisi koleksi enam pertandingan VR yang khusus dibuat untuk PS VR.

Pada bulan Maret silam, Sony memiliki lebih dari 230 pengembang PS VR ini, dari tim independen yang kecil sampai dengan tim studio yang besar, mereka semua berupaya untuk membangun PS VR. Manajer riset IDC untuk konsumen, game dan hiburan, Lewis Ward, memperhitungkan bahwa ada tiga pilar utama bagi perusahaan yang membedakan dari pesaing mereka. Pertama adalah teknologi, yang kedua adalah permainan, dan yang ketiga adalah konten hiburan lainnya, serta pelayanan sosial, baik teknologi dan konten.

Menurut Ward, keunggulan Sony ada dua yaitu harga dan konten koleksi. Hal ini berpotensi besar untuk mengambil hati para penggemar. “Pada kategori game, ada banyak konten apik datang dari studio Sony di seluruh dunia,” Ward mengatakan CNBC “Squawk Box”, dan menambahkan bahwa sementara katalog game relatif sedikit saat ini. Oleh karenanya, Sony diharapkan dapat lanjut sampai jumlah game yang dirilis untuk PS VR mencapai angka 50 pada akhir 2016.

 

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID