Home  »  News   »  
News

Sprinkles, Aplikasi Fun Camera yang Bisa Deteksi Usia dan Kemiripan dengan Selebriti

[Foto: Microsoft]
Microsoft baru-baru ini membuktikan keseriusannya dalam menggarap aplikasi kamera dengan berbagai efek dengan meluncurkan Sprinkles, aplikasi fun camera yang kompatibel dengan perangkat iOS.

Di App Store, aplikasi ini telah masuk ke dalam daftar “New Apps We Love,” dan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan para pengguna remaja. Sprinkles menawarkan banyak sekali opsi dekorasi foto seperti stiker, emoji dan caption, juga dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mampu mendeteksi wajah, mendefinisikan usia dan emosi subyek yang akan difoto, menemukan selebriti yang wajahnya punya kemiripan dengan subyek, menyarankan caption, dan sebagainya.

Fitur-fitur Sprinkles sebelumnya sudah pernah ditawarkan dalam platform lain dari Microsoft, seperti CelebsLike.me, yang dirancang untuk menemukan “kembaran” selebriti dari pengguna, dan How-Old.net, situs buatan Microsoft yang akan menebak usia pengguna.

Dengan Sprinkles, fitur-fitur tersebut diintegrasikan ke dalam aplikasi edit foto yang diharapkan akan mampu memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna yang biasa menggunakan Snapchat untuk menambahkan mahkota bunga dan wajah lucu di foto mereka.


Seperti yang ada pada LINE Camera, Sprinkles menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk menempelkan stiker dekorasi seperti topi dan kumis di foto pengguna. Selain itu, dengan menentukan usia dan kemiripan dengan selebriti, aplikasi ini bisa mendefinisikan obyek dalam foto, dan mengetahui jika pengguna tersenyum atau tidak ketika difoto, dan menyarankan caption yang relevan. Misalnya, jika yang difoto cemberut, caption yang disarankan bisa seperti “turn that frown upside down.”

Selain itu, Sprinkles juga mampu menyarankan caption dan stiker berbasis kepada lokasi dan waktu pengambilan foto. Misalnya, foto yang diambil di hari Senin akan disarankan untuk menggunakan caption yang berisi lelucon tentang hari Senin.

Pengguna bisa memilih sendiri berbagai dekorasi dan personalisasi pada foto, seperti properti, ide-ide caption, saran usia, dan sebagainya, supaya aplikasi bisa dengan otomatis menyarankan pilihan yang sesuai dengan mereka. Namun pengguna juga bisa mendekorasi sendiri foto mereka dengan stiker, emoji, atau menulis sendiri caption yang dikehendaki.

Hasil editan fotonya bisa disimpan di ponsel, juga dibagika melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, bahkan dikirim melalui email.

Sprinkles bukanlah upaya pertama Microsoft dalam membuat aplikasi kamera. Sebelumnya sudah ada Microsoft Selfie, kompetitor FaceTune, yang bisa membantu pengguna “memperhalus dan meningkatkan” foto-foto selfie mereka. Perusahaan tersebut juga telah meluncurkan Microsoft Pix, alternatif untuk kamera bawaan ponsel yang memiliki beberapa opsi edit foto.

Namun Sprinkles adalah aplikasi fun camera pertama yang ditujukan kepada remaja dan anak muda, yang mendorong mereka untuk mendekorasi, bukan mengedit foto selfie mereka.

Aplikasi ini bisa diunduh gratis di App Store, namun belum ada keterangan apakah Microsoft akan membuat versi Android-nya atau tidak.