Home  »  News   »  
News

Startup Lokal Kembangkan Platform Jejaring Sosial Khusus Relawan Kemanusiaan

[Foto: Shutterstock]
Selain memberi kepuasan batin dan perasaan berharga karena telah membantu menjadikan dunia tempat yang lebih baik, menjadi relawan bisa membantu Anda mencapai karier impian dan menambah pengalaman. Mungkin Anda sudah lama ingin menjadi relawan, namun masih bingung harus mencari informasi di mana, atau apa yang harus dilakukan untuk memulai. Namun kini, dengan adanya Campaign.com, Anda tak perlu bingung lagi.

Campaign.com merupakan platform hasil karya startup asal Indonesia yang mempertemukan para relawan (volunteer) atau calon relawan dari seluruh dunia dengan pihak-pihak yang mengadakan kampanye kemanusiaan, atau yang membutuhkan bantuan. Menurut klaimnya, Campaign.com adalah jejaring sosial pertama yang dirancang untuk membantu para relawan membuat perubahan.

Walaupun aplikasi mobile-nya baru diluncurkan pada 4 April 2017 lalu, sebetulnya Campaign.com telah mulai beroperasi pada akhir 2015, dan telah berhasil mengumpulkan lebih dari 124.ooo relawan yang mayoritas berasal dari Indonesia. Selain itu, mereka juga telah mewadahi sekitar 148 kampanye berbasis tagar, yang terdiri atas berbagai topik mulai dari kesetaraan gender, isu-isu agama, politik, kemanusiaan, hingga pendidikan.


Komunitas relawan di Campaign.com terhimpun di bawah tagar #ForChange, yang menjadi tagar bagi mereka untuk mengkomunikasikan secara daring dan menyebarkan pesan-pesan terkait kampanye yang tengah berjalan.

Jika Anda masih belum yakin akan isu-isu yang akan didukung, platform ini menyediakan berbagai topik dan isu kampanye di mana Anda bisa bergabung, mendukungnya, dan mengikuti perkembangannya melalui aplikasi mobile. Selain itu, dengan aplikasi ini, Anda bisa berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan penyelenggara kampanye. Dengan demikian, Anda bisa tahu apakah kampanye tersebut butuh lebih banyak di-share di Internet, atau apakah kampanye tersebut membutuhkan keahlian dan tenaga Anda secara fisik.

Selain menjadi relawan, melalui aplikasi ini Anda pun bisa memulai kampanye sendiri, dan terhubung dengan berbagai pihak terkait seperti yayasan, NGO, media, relawan, dan agen-agen perubahan lainnya. Selain itu, Campaign.com juga bisa menjadi media bagi perusahaan yang ingin menjalankan kampanye sosial atau CSR.

Menurut CEO Campaign.com William Gondokusumo, platformya menyusung filosofi “orang baik bisa membangun sebuah kehidupan yang lebih baik dengan melakukan hal-hal baik”. William yang juga merupakan direktur Tororo.com berharap, adanya aplikasi ini akan memudahkan mereka yang ingin menjadi agen perubahan dan membentuk komunitas untuk memperjuangkan isu-isu untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

Pada peluncuran aplikasinya, Campaign.com mengadakan talk show sekaligus menganugerahkan penghargaan Campaign of The Year 2017 untuk kampanye sosial terbaik pada tahun 2016 lalu.