Home  »  News   »  
News

Startup Produsen ‘Smart Wirstband Khusus Manula’ Dapat Pendanaan 5,1 Juta Euro

Startup Produsen 'Smart Wirstband Khusus Manula' Dapat Pendanaan 5,1 Juta Euro
Startup Produsen ‘Smart Wirstband Khusus Manula’ Dapat Pendanaan 5,1 Juta Euro. [Foto: Aifloo]
Aifloo, startup Asal Swedia yang menggabungkan sensor yang terdapat pada sebuah hardware dan AI yang menawarkan ‘Gelang Pintar’ atau biasa kita sebut sebagai ‘Smart Wristband’ yang ditujukan untuk membantu mengurus orang-orang lanjut usia, baru saja mendapat tambahan dana senilai 5,1 Juta Euro atau senilai 80,8 Milyar rupiah.

Pendanaan seri A ini diprakarsai oleh EQT Ventures, dengan partner analis dari VC, Henrik Landgren menyebut tim dan teknologi adalah alasan mengapa mereka memutuskan untuk berinvertasi pada perusahaan ini, Karena belum pernah ada perusahaan yang bergerak pada bisnis kesehatan secara online / e-health yang menggabungkan ‘Data yang sangat banyak dengan AI terbaru’ dengan tujuan utama membuat orang tua hidup mandiri lebih lama.

EQT Ventures sendiri merupakan merupakan perusahaan menginvestasikan dananya pada perusahaan berbasis teknologi di semua industri, dimanapun di seluruh dunia. Visi perusahaan ini adalah membuat startup menjadi perusahaan besar dan terus berkembang.

Didirikan oleh Felix Etzler, Michael Collaros dan Anders Widgren pada tahun 2015, Aifloo digambarkan sebagai sistem e-health yang dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup bagi para manula dan memberikan kenyamanan bagi keluarga dan perawat.


Perangkat yang digunakan berbentuk gelang yang dipenuhi dengan sensor dan AI yang gunanya untuk memantau perilaku pemakainya sehingga dapat memperingatkan pengasuh mengenai pontensi masalah yang dapat terjadi kepada pengguna perangkat tersebut. Yang dimaksud disini adalah seperti pengguna terjatuh, terjadi perubahan dalam kebiasaan dan pola makan, perubahan perilaku tidur, dan lain sebagainya.

Aifloo adalah sebuah sistem e-health yang benar-benar baru yang terus-menerus berusaha memahami perilaku penggunanya dan mendeteksi jika ada sesuatu yang salah. Etzler menjelaskan, “Kami membantu para manula untuk tetap kuat, memberikan kenyamanan bagi keluarga dan teman juga menambah perhatian yang dapat diberikan oleh pengasuh”.

Menurut pendiri Aifloo, Ide dari pembuatan perangkat ini adalah untuk “mendigitalkan deteksi perubahan perilaku manusia dengan cara yang tidak mengganggu”. Oleh sebab itu gelang Aifloo menggunakan baterai yang tersembunyi dengan masa pakai yang tahan lama, sementara itu AI melakukan Analisa secara online dan real-time berdasarkan data perilaku pengguna yang diterima dari perangkat.

“Layanan ini mengukur tren perilaku pengguna dari waktu ke waktu, mendeteksi keadaan darurat dan memperingatkan orang lain apabila pengguna mengalami masalah,” katanya lagi “Kami berharap dapat membantu perawat memberikan perawatan yang tepat, pada waktu yang tepat, kepada mereka yang sangat membutuhkannya, dengan sedikit bantuan dari teknologi”.

Etzler berpendapat, hal sangat berbeda dengan status quo yang beredar di masyarakat dimana sistem yang digunakan dalam perawatan sudah usang. “Banyak sumber daya digunakan untuk melakukan pengawasan secara manual,” katanya, sementara solusi modern lebih “mahal, tidak dapat disesuaikan dengan perilaku individu, atau rumit”.

“Di sisi lain, perangkat e-health yang beredar di pasaran menargetkan kaum muda dan sehat atau hanya fokus pada satu kondisi medis tertentu seperti untuk penderita penyakit diabetes. Sedangkan Kami menciptakan perangkat yang dapat disesuaikan dengan individu, tahan lama, mudah digunakan, dan solusi jangka panjang untuk masalah yang kompleks serta mengemasnya dalam bentuk produk dan layanan yang bagus dan mudah dibawa-bawa.”

Oleh sebab itu, pelanggan awal Aifloo adalah Aleris, salah satu perusahaan perawatan kesehatan terkemuka di Skandinavia. Etzler mengatakan langkah selanjutnya adalah mulai memasarkan layanan ke perusahaan perawatan di rumah-rumah.