News

Startup Turki Perkenalkan Letrons, Prototipe Robot “Transformer” Berskala Penuh

[Foto: YouTube Channel Letron]
Ingin punya mobil yang bisa berubah menjadi robot, seperti yang ada di film Transformer? Sebentar lagi Anda dapat mewujudkan mimpi tersebut. Sebuah startup asal Turki bernama Letvision dikabarkan diam-diam telah membangun sebuah robot ‘Transformer’ berskala penuh yang terbuat dari BMW. Bedanya, robot yang satu ini tidak memiliki nama ‘Transformer,’ melainkan Letrons.

Jadi, sejak setahun yang lalu, para pakar di Letvision telah membuat sebuah prototipe Letrons yang berfungsi total. Tepatnya, sebuah tim yang berisi 12 engineer dan 4 teknisi pendukung lah yang berjasa mewujudkan produk ini. Produk ini dibangun di markas Letvision di Ankara, sementara itu software-nya sendiri dikembangkan di kantor Technopark Letvision.

[Foto: letrons.com]
Prototipe ini diberi nama Antimon. Pada awalnya, Letrons ini hanya berupa sebuah mobil BMW biasa yang bisa digerakkan menggunakan remote control ketika sedang berada dalam car mode. Lalu, hanya dengan menekan sebuah tombol, Antimon bisa berubah menjadi sebuah robot raksasa dengan jari kinetik, pergerakan lengan dan pergelangan tangan yang kuat. Prototipe tersebut masih belum bisa dipakai jalan-jalan ataupun berjalan sendiri. Namun, pihak Letvision menyatakan bahwa mereka dapat menembahkan fitur untuk berjalan jika ada pembeli yang mau merogoh kocek lebih dalam untuk fitur ini.

Sampai saat ini, Letvision masih belum memberi patokan harga maupun perkiraan kapan Letrons ini akan dijual ke pasaran.  Pihak Letvision sendiri telah membuat perencanaan serangkaian robot Letrons lain yang diberi nama Bizmut, Argon, Wolfram, dan Tantal. Mereka juga mengatakan bahwa di kemudian hari, Letrons ini bisa dibuat dari mobil lain selain BMW.

Dalam operasinya, Letvision juga dikabarkan memang memiliki kemitraan dengan raksasa-raksasa teknologi seperti Intel dan Microsoft.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID