News

Stephen Hawking: 1000 Tahun Mendatang, Manusia Tidak Bisa Lagi Hidup di Bumi

[Foto: bbc.co.uk]
Stephen Hawking, seorang ilmuwan Inggris yang dikenal atas sumbangannya di bidang fisika kuantum, mendesak penjelajahan luar angkasa demi kebaikan umat manusia. Menurutnya, umat manusia tidak akan bisa bertahan hidup pada 1.000 tahun mendatang tanpa “keluar dari planet [bumi] yang rapuh ini.”

Berbicara pada Oxford University Union, ia percaya bahwa tinggal di bumi lebih lama dapat berakibat negatif dan dapat berujung pada kepunahan manusia. Hawking juga menjelaskan bahwa akhir dari planet Bumi ini dipercepat oleh ulah manusia sendiri. Apalagi dengan gaya hidup manusia saat ini, rasanya tidaklah mustahil jika sumber daya alam yang ada di bumi ini habis dan tidak dapat diperbaharui lagi.

Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi, dengan pemanasan global yang kian serius, bertambahnya populasi penduduk, ditambah lagi dengan sumber daya alam yang kian menipis, merupakan sebuah keajaiban bahwa manusia masih bisa hidup sejauh ini. Pada sebuah pernyataan, Hawking pernah mengatakan bahwa masa depan manusia bukanlah di planet bumi ini. Ia mengatakan bahwa beberapa ratus tahun ke depan saja akan sulit bagi manusia untuk menghindari bencana alam di Planet Bumi ini. Ia menjabarkan bahwa bencana buatan manusia juga sangatlah berpotensi untuk menghapuskan umat manusia dari bumi in, seperti perang nuklir dan virus buatan manusia.

Seperti yang dikutip dari The Washington Post, sejak tahun 2009 lalu NASA memang sudah mencari planet mirip bumi yang berpotensi untuk ditinggali manusia. Para peneliti sendiri sebenarnya sudah menemukan lebih dari 4.600 calon planet dan 2.000 planet yang sudah dikonfirmasi. Planet-planet mirip bumi yang dinamakan Exoplanet ini bisa dibilang merupakan satu-satunya harapan bagi kelangsungan peradaban manusia.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID