Home  »  News   »  
News

Studi: Remaja yang Kecanduan Smartphone dan Video Game Merasa Tak Bahagia

[Foto: Shutterstock]
Kebahagiaan tak berada pada telepon yang hangat, menurut sebuah studi baru yang mengeksplorasi hubungan antara kepuasan hidup remaja dan waktu yang mereka habiskan untuk menatap layar. Remaja yang matanya biasa terpaku pada smartphone secara signifikan kurang bahagia, kata penulis utama studi dan San Diego State University dan profesor psikologi Jean M. Twenge.

Untuk menyelidiki kaitan ini, Twenge, bersama dengan rekan-rekannya Gabrielle Martin di SDSU dan W. Keith Campbell di University of Georgia, meringkuk data dari studi longitudinal Pemantauan Masa Depan (MtF), sebuah survei perwakilan nasional yang mencakup lebih dari satu juta anak kelas 8, 10, dan 12 di Amerika Serikat (AS). Survei tersebut mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang seberapa sering mereka menghabiskan waktu dengan menggunakan ponsel, tablet dan komputer mereka, serta pertanyaan tentang interaksi sosial mereka dan keseluruhan kebahagiaan mereka.

Rata-rata, mereka menemukan bahwa remaja yang menghabiskan lebih banyak waktu di depan perangkat layar—bermain game komputer, menggunakan media sosial, SMS dan obrolan video—kurang bahagia daripada mereka yang menginvestasikan lebih banyak waktu dalam aktivitas non-layar seperti olahraga, membaca koran dan majalah, dan interaksi sosial tatap muka.

Twenge percaya ‘waktu menatap layar’ ini menyebabkan ketidakbahagiaan dan bukan sebaliknya.


“Meskipun penelitian ini tidak dapat menunjukkan sebab akibat, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa penggunaan media sosial lebih banyak menyebabkan ketidakbahagiaan, namun ketidakbahagiaan tidak menyebabkan penggunaan media sosial yang lebih banyak,” kata Twenge, penulis “iGen: Why Today’s Super-Connected Kids Are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy — And Completely Unprepared for Adulthood.”

Twenge menemukan, menahan keinginan untuk menggunakan perangkat digital juga tidak menimbulkan kebahagiaan. Remaja paling bahagia menggunakan media digital sedikit kurang dari satu jam per hari. Namun setelah sela waktu harian mereka menatap layar, ketidakbahagiaan meningkat dengan mantap seiring dengan meningkatnya waktu menatap layar, para peneliti melaporkan di jurnal Emotion.

“Kunci penggunaan media digital dan kebahagiaan adalah membatasi penggunaannya,” kata Twenge. “Cobalah untuk tidak menghabiskan lebih dari dua jam sehari di media digital, dan cobalah untuk meningkatkan jumlah waktu yang Anda habiskan untuk bertemu teman-teman secara langsung dan berolahraga—dua aktivitas yang dapat diandalkan terkait dengan kebahagiaan yang lebih besar.”

Melihat tren historis dari kelompok usia yang sama sejak tahun 1990an, para periset menemukan bahwa perkembangbiakan perangkat layar dari waktu ke waktu bertepatan dengan penurunan umum dalam kebahagiaan dilaporkan di remaja AS. Secara khusus, kepuasan hidup, harga diri dan kebahagiaan orang muda turun drastis setelah tahun 2012. Itulah tahun di mana persentase orang Amerika yang memiliki smartphone naik di atas 50 persen, tulis Twenge.

“Sejauh ini, perubahan terbesar dalam kehidupan remaja antara tahun 2012 dan 2016 adalah peningkatan jumlah waktu yang mereka habiskan untuk media digital, dan selanjutnya terjadi aktivitas sosial yang dilakukan secara solo, dan tidur,” katanya. “Kemunculan smartphone adalah penjelasan yang paling masuk akal untuk penurunan kesejahteraan psikologis remaja secara mendadak.”

Twenge telah mempelajari perilaku remaja sejak awal 90an dan telah berada di garis depan penelitian yang menunjukkan perubahan mendadak dalam perilaku dan keadaan emosional remaja karena penggunaan smartphone. Dia mengatakan telah terjadi pergeseran dramatis mulai tahun 2012 ketika anak-anak yang lebih muda dan muda mulai menghabiskan lebih banyak waktu menatap layar.

Para periset menemukan hal yang sama sambil menyaring data untuk penelitian ini. Kepuasan hidup remaja, harga diri dan kebahagiaan menurun drastis setelah 2012.