Home  »  News   »  
News

Subaru Akan Uji Coba Mobil Swa Kemudinya di California, AS

[Foto: Cuplikan pada iklan TV Subaru “Dog Tested. Dog Approved.” | fortune.com]
Daftar perusahaan yang akan menguji coba mobil swa kemudi di California, AS semakin panjang saja. Perusahaan asal Jepang, Subaru, kini menjadi perusahaan ke 22 yang mendapatkan izin dari Departemen Kendaraan Bermotor California (DMV). Beberapa perusahaan lain yang juga mendapatkan izin untuk menguji coba mobil swa kemudinya di antaranya adalah Volkswagen, Ford, Nvidia, Mercedes, Google, dan Tesla.


Pada saat ini, Subaru sendiri memiliki teknologi bernama EyeSight yang terpasang di beberapa kendaraannya. Teknologi ini menawarkan sebuah fitur asisten pengemudi yang menjadikan keamanan dan keselamatan sebagai prioritas utamanya. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh EyeSight di antaranya adalah optimisasi cruise control, pemantauan pergerakan lalu lintas, peringatan terhadap jalur yang meliuk, dan sistem pengereman pra-tabrakan yang langsung berfungsi ketika sistem tersebut mendeteksi keadaan darurat. Sejauh ini, EyeSight tersedia pada model mobil Forester, Crosstrek, Legacy, Impreza, WRX, dan Outback. Namun, ada kemungkinan setelah uji coba ini berlangsung, EyeSight bisa melebarkan sayapnya dan digunakan pada kendaraan Subaru lainnya yang sudah diupgrade.

Subaru juga kabarnya tengah mengembangkan fitur-fitur yang bisa diaktifkan saat kendaraan tengah berjalan pada kecepatan hingga 40 mil per jam, termasuk kemampuan untuk secara otomatis maju dan berhenti ketika mobil sedang terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Perusahaan ini juga menargetkan akan memberikan fitur semi-otonom untuk berkendara di jalan tol sebelum tahun 2020 mendatang.

Seperti yang dikutip dari Techcrunch, California memang merupakan wadah yang tepat bagi perusahaan-perusahaan yang berniat untuk terjun ke industri kendaraan swa kemudi. Hal ini disebabkan karena adanya program perizinan yang diberikan oleh DMV untuk menguji coba kendaraan di jalan tol dan jalan raya bagi perusahaan yang memenuhi persyaratan dan bersedia membayar biaya yang diajukan.