Home  »  Review   »  
Review

Sudah Beresolusi 4K, Xbox One X Siap Langkahi PlayStation 4?

Xbox One X [Foto: TechRadar]
Diantara kehebohan para gamers yang terfokus pada keberadaan Nintendo Switch, antengnya para gamers yang menggunakan PC serta persaingan anyep yang sedang dialami oleh Microsoft dan Sony pada beberapa tahun belakangan pasca meluncurnya PlayStation 4 akhirnya mencair setelah Microsoft merilis penerus dari Xbox One. Dengan tambahan huruf X di belakang, Xbox One X menjadi konsol terbaru milik Microsoft yang terlihat amat menjanjikan dari segi teknis.

Dirilis pada tanggal 12 Juni 2017 dan dikutip dari website Tech Radar, harus diakui bahwa konsol terbaru dari Microsoft ini secara penampilan tidaklah terlalu menggugah. Coba dibandingkan dengan Nintendo Switch yang berani menampilkan antarmuka unik serta konsol dengan warna warni kontras pada dua kontrollernya, plus kemampuan pemindahan layar dari konsol menuju layar monitor TV yang jelas kaya kreativitas. Xbox One X justru malah tampil dengan warna dominan hitam dan tidak tanpa ada perubahan signifikan jika dibandingkan dengan Xbox One. Walau begitu, mohon Anda tidak kaget pasca melihat kemampuan yang sudah ditanamkan Microsoft pada Xbox One X.

Sebagai gambaran saja, Xbox One X secara default sudah support dengan Virtual Graphic Accelerator dengan resolusi 4K. Hal ini jelas menjadi nilai tambah, apalagi jika mengingat PlayStation 4 belum melangkah hingga sejauh itu. Secara gaming, Xbox One X juga mendukung performa HDR mengimbangi resolusi 4K. Xbox One X juga telah dilengkapi dengan Dolby Atmos, fitur kualitas ambience yang akan membuat suasana dalam ruangan bermain semakin menggila. Kapabilitas Xbox One X yang impresif tersebut didukung dengan spare part grafik yang berkekuatan hingga 6 teraflops!


Xbox One X [Foto: TechRadar]
Xbox One X sejatinya merupakan representasi dari Microsoft yang bisa dianggap jauh lebih berani daripada Xbox One, jauh lebih revolusioner, serta dianggap jauh lebih nekat namun dalam artian yang positif. Menurut tulisan dari Tech Radar, disebutkan bahwa game-game dari Xbox One masih bisa dimainkan di konsol terbaru Xbox One X, berbeda dengan PlayStation yang jika keluar konsol terbaru, maka game di konsol yang lebih lama sudah tidak bisa dimainkan kembali, kecuali dengan beberapa konfigurasi dan kompatibilitas tertentu yang masih harus di setting manual.

Pertanyaannya adalah, mengapa Microsoft mengeluarkan konser terbaru jika game pada konsol sebelumnya masih bisa dimainkan dan belum ada game khusus untuk Xbox One X? Kemungkinan, pertimbangan resolusi dan kualitas interface jadi yang utama. Sebab, power yang dimiliki Xbox One X ini terasa jauh lebih besar daripada konsol sebelumnya. Bahkan jika dikira-kira, kekuatan yang ada pada Xbox One X mencapai empat kali lipat dari pada konsol sebelumnya. Otomatis, Xbox One X jadi lompatan besar dari Microsoft.

Apakah kekuatan dari Xbox One X hanya pada grafisnya saja? Check this out, Xbox One X ternyata dilengkapi dengan hard drive berukuran 1 TB dan RAM DDR5 12 GB. Dan dalam rangka mendampingi kekuatan grafik yang mencapai 6 teraflops tadi, prosesor yang disertakan Microsoft memiliki kecepatan hingga 1172 Mhz! Tak cuma didapuk sebagai konsol terkuat milik Microsoft setidaknya hingga saat ini, Xbox One X juga dianggap jauh lebih baik spesifikasinya dibanding berapa PC untuk game kelas menengah ke atas.

Xbox One X [Foto: TechRadar]
Berapa kira-kira harga yang diberikan oleh Microsoft terhadap Xbox One X? Mengingat Xbox One sendiri di Indonesia masih amat mahal, dengan kisaran antara Rp5 sampai 6 juta per unitnya, bisa diperkirakan jika Xbox One X masuk ke Indonesia harganya pasti akan jauh di atas itu. Wacana menyebutkan bahwa Xbox One X akan dipasarkan dengan harga Rp7 sampai 8 jutaan per unitnya.