Home  »  News   »  
News

Sudah Punya Headset VR? Ini Beberapa Game dan Aplikasi yang Bisa Dinikmati di HTC Vive, Oculus Rift dan PlayStation VR

PlayStation VR [Foto: PlayStation]
Dengan adanya teknologi virtual reality (VR), aktivitas gaming dan menonton video sekarang sudah “naik level” dan tak pernah sama lagi. Jika Anda berencana untuk membeli headset VR tapi masih bingung mau pilih yang mana, maka itu adalah hal yang wajar karena headset VR ini tergolong masih “pendatang baru” di dunia teknologi digital, dan ketersediaan game dan aplikasi yang mendukung penggunaan VR juga masih belum banyak. Namun ternyata, sudah ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan dengan headset VR.

Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan dengan headset VR HTC Vive, Oculus Rift, PlayStation VR, atau headset VR all-pratform, mulai dari aplikasi, game, dan tools lainnya di perangkat berbasis Android dan iOS, atau laptop dan Macbook, seperti dilansir dari TheVerge pada Selasa, 27 Desember 2016 ini.

Headset VR All-Platform

Google Daydream [Foto: Google]
Semua platform VR memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun semuanya menawarkan berbagai pengalaman baru yang bisa dieksplorasi oleh penggunanya. Salah satunya adalah video virtual reality yang bisa Anda temukan dengan mudah, dan aplikasi seperti Jaunt dan Within bisa didapat di HTC Vive, Oculus Rift, PlayStation, dan platform-platform lainnya. Jika Anda menyukai video VR, Anda juga bisa membeli Samsung Gear VR atau Google Daydream, karena keduanya menawarkan akses kepada video 360-derajat di Facebook dan YouTube tanpa ribet.

Selain itu, kini sudah banyak game dan aplikasi lintas platform, walaupun beberapa di antaranya menunjukkan kinerja lebih baik jika digunakan di platform tertentu. Pada headset Rift dan Vive, social VR tool seperti Bigscreen dan Altspace VR bisa digunakan layaknya LAN virtual dan ruang meeting digital serbaguna, lengkap dengan tontonan komedi yang terorganisir dan acara-acara lainnya. Selain itu, ada Eagle Flight, yang merupakan permainan game multiplayer bertema penerbangan yang keren, yang kompatibel dengan semua platform VR high-end, baik yang dilengkapi pengontrol gerakan maupun yang tidak. Ada juga Kismet, aplikasi astrologi yang memungkinkan Anda melihat ramalan horoskop harian, ramalan kartu tarot, dan memainkan beberapa game mini. Selain itu, ada juga beberapa game menarik seperti EVE: Valkyrie.

HTC Vive


HTC Vive [Foto: HTC]
Pengembang memang telah menggodok banyak aplikasi dan game untuk Vive, namun sayangnya banyak dari aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum resmi dirilis. Namun Anda bisa memulai dengan demo Valve, The Lab, yang cukup seru untuk dimainkan khususnya untuk mereka yang suka game strategi. Selain itu, ada juga aplikasi seni Tilt Brush yang bakal jadi favorit mereka yang suka dengan 3D painting.

Ada juga beberapa game dan aplikasi favorit pengguna di Vive, termasuk including Job Simulator dan Space Pirate Trainer. Buat Anda yang suka ketegangan, cobalah tembak monster-monster di Serious Sam atau zombie-zombie di Arizone Sunshine. Untuk yang suka ketegangan, bisa juga menjajal Brookhaven Experiment.

Namun jika Anda lebih suka game yang ringan namun tetap seru, ada game lucu Rescuties di mana Anda akan mengangkap bayi, anak kucing, dan anak anjing, dan game tebas buah, Fruit Ninja.

Headset Sony PlayStation VR

Jika Anda memiliki PlayStation VR, maka Anda beruntung karena ada banyak sekali game dan aplikasi yang bakal segera diluncurkan. Saat ini, ada beberapa game yang patut dijajal, seperti game klasik rhtyhm Rez Infinite dan Thumper, yang dianggap masterpiece-nya VR, tapi juga seru walaupun dimainkan tanpa VR. Walaupun pada awalnya koleksi game di PlayStation VR lebih terlihat seperti kumpulan mini-game, namun ada juga game action yang sangat seru, seperti London Heist yang diinspirasi oleh Guy Ritchie.

Selain itu, ada banyak game keren andalan PlayStation 4, seperti Call of Duty: Infinite Warfare yang dilengkapi add-on gratis Jackal Assault, dan Star Wars Battlefront yang belakangan merilis Wing VR Mission.

Headset Oculus Rift

Oculus Rift [Foto: Oculus]
Jika Anda memiliki Oculus Rift dengan pengontrol sentuh, ada banyak aplikasi dan game menarik yang bisa Anda nikmati. Salah satunya adalah game “escape-the-room” I Expect You To Die, game tembak-menembak Superhot, game panjat tebing The Climb, dan sebagainya. Jika ingin mendapatkan semuanya, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli bundel Oculus Touch, paket yang menawarkan tiga game di atas, plus aplikasi lukis Kingspray Graffiti dan permainan Space Pirate Trainer. Dengan membeli paket tersebut, Anda menghemat 25 persen dari total harga untuk kelima game, yang merupakan gabungan dari action game, seni dan keterampilan, serta strategi.

Selain kelima game di atas, ada banyak kesenangan yang bisa dinikmati dengan Oculus Touch, seperti aplikasi seni dan keterampilan Quill dan game tembak-menembak multiplayer Dead & Buried, yang bisa dinikmati dengan gratis oleh semua pengguna Touch. Namun jika Anda tak punya pengontrol gerakan, Anda tetap bisa menikmati berbagai game seru seperti Chronos dan Technolust yang berbasis gamepad, dan masih banyak lagi.