News

Swedia Larang Penggunaan Drone di Negaranya, Kecuali Untuk Alasan Keamanan

[Foto: geekongadgets.com]
Swedia secara resmi telah melarang penggunaan drone kamera di negaranya. Untuk menggunakannya, pengguna harus memiliki surat izin yang menyatakan bahwa drone tersebut digunakan atas keperluan pengawasan, baik itu untuk mencegah terjadinya tindak kriminal maupun kecelakaan. Anehnya lagi, tidak terdapat pengecualian terhadap penggunaan drone untuk keperluan jurnalisme. Itu artinya, menggunakan drone untuk merekam berita juga tidak diperbolehkan secara hukum.

Keputusan ini tentunya mengundang kritik dari berbagai pihak, terutama dari industri drone di Swedia sendiri. Unmanned Aerial System (UAS) selaku perwakilan dari industri ini menentang keras peraturan baru ini dan menegaskan bahwa larangan ini dapat membunuh industri drone lokal. Dalam pernyataannya, mereka mengatakan bahwa: “[UAS] telah menyiapkan rencana untuk mendesak para pembuat kebijakan untuk menyadari bahwa ini merupakan keputusan yang tidak tepat dan akan menyerang seluruh industri [drone] yang menghidupi ribuan karyawannya.”

Selain itu juga, peraturan ini dianggap tidak konsisten dengan peraturan yang sudah ada sebelumnya. Menurut Aftonbladet, jika mengambil foto di tempat umum diizinkan secara hukum, mengapa mengambil foto dengan menggunakan drone dilarang? Menurutnya, pada hakikatnya keduanya itu sama saja. Peraturan itu juga dipandang tidak masuk akal, terutama dari segi regulasinya. Dengan banyaknya pengguna drone di Swedia, akan sulit untuk melaporkan atau menghukum pengguna drone yang menyalahi aturan.

Swedia bukan satu-satunya negara yang membatasi penggunaan drone. Amerika Serikat sendiri memiliki peraturan yang melarang Anda untuk menerbangkan drone ke dalam lahan pribadi. Anda juga diwajibkan untuk mendaftarkan drone sebelum bisa menggunakannya di area publik. Selain itu, pemerintah Australia juga telah membatasi penggunaan drone di atas 25 kilogram. Lebih dari itu, maka mereka harus mendapatkan izin dari pemerintah.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID