News

Swedia Uji Coba Jalur Khusus Untuk Mobil Listrik yang Ramah Lingkungan

[Foto: Mashable.com]
Penggunaan transportasi bertenaga listrik merupakan kunci utama untuk masa depan transportasi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Dalam sektor kendaraan darat, memiliki kendaraan yang menggunakan energi listrik dan hanya menggunakannya pada saat-saat tertentu saja tidak begitu menguntungkan secara komersil.

Di Swedia, pemerintah bekerja sama dengan sektor privat untuk meluncurkan teknologi baru yang memungkinkan kendaraan listrik untuk bepergian tanpa harus mengkhawatirkan kondisi batere ataupun waktu charging yang sangat lama. Solusinya? Kabel udara (overhead cable).

Gebrakan baru yang ditawarkan oleh Swedia ini memang tidak begitu terdengar revolusioner dan modern, namun bukan berarti inovasi ini sama sekali tidak efektif. Dalam uji cobanya, sebuah jalanan di Swedia telah dilengkapi dengan kabel udara berbentuk katenari (overhead caternary wires) yang memiliki panjang 2 km.

Sebuah truk hybrid telah dimodifikasi dan dilengkapi dengan pantograf dan memungkinkan truk tersebut untuk berjalan di bawah kabel dan mendapatkan aliran listrik dari kabel tersebut. Intinya, jika truk tersebut terus terhubung dengan kabel tersebut, maka truk tersebut sepenuhnya berjalan dengan menggunakan energi listrik. Ketika mereka keluar dari jalur elektrik, maka truk tersebut akan kembali ke mode hybridnya.

“Jalan Listrik ini akan membawa kita lebih dekat pada masa depan transportasi yang bebas BBM. Tentunya, kita juga memiliki potensi untuk membuat emisi karbon dioksida kita mencapai angka nol … Hal ini merupakah salah satu cara untuk mengembangkan transportasi yang ramah lingkungan pada jalanan yang sudah ada sebelumnya.” ~ Lena Erixon, Direktur Umum Administrasi Transportasi Umum Swedia.

Swedia termasuk ke dalam jajaran negara pertama di dunia yang mengeksplorasi sistem jalan listrik bagi angkutan darat. Teknologi ini merupakan salah satu konsep yang telah dirancang pemerintah dengan harapan dapat membantu visi negara untuk bebas dari BBM pada 2030.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID