News

Tak Hanya Mengirim Pesan, Kini Anda Juga Bisa Bermain Game di Facebook Messenger

[Foto: flickr.com]
[Foto: flickr.com]
Kabar gembira untuk Anda yang gemar menggunakan Facebook Messenger. Aplikasi pengiriman pesan milik Facebook ini tak hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan teks atau video saja. Selain untuk berjejaring sosial, kini Anda juga bisa bebas bermain berbagai video game populer.

Pada beberapa waktu silam, Facebook masih banyak digunakan untuk bermain game. Akan tetapi, kini aktivitas tersebut sudah mulai banyak berkurang. Oleh karena itu, Facebook berupaya membuat para penggunanya kembali aktif bermain game. Bukan melalui laman utamanya seperti dahulu, melainkan aplikasi Messenger di perangkat mobile.

Melalui situs resminya, Selasa, 29 November 2016, Facebook mengumumkan bahwa mereka merilis beberapa game di aplikasi Messenger untuk iOS dan Android. Pengguna bisa memainkan game tersebut dengan sesama pengguna lewat aplikasi chatting tersebut.

Penasaran game apa saja yang disediakan? Situs jejaring sosial terbesar tersebut telah menyiapkan 17 video game menarik yang tentunya beberapa sudah tidak asing lagi bagi para pecinta game. Di antaranya adalah Pac-Man, Galaga, Space Invaders, Puzzle Bobble, dan Word With Friends: Frenzy. 

Untuk memainkan game di Messenger, pengguna harus terlebih dahulu memperbarui aplikasi tersebut. Kemudian, tinggal pilih teman yang ingin diajak bermain. Caranya, buka sebuah percakapan dengan teman, kemudian tekan tombol game controller yang berada di bawah kotak pesan. Terakhir, pilih game yang ingin dimainkan.

Para pengguna juga bisa menemukan game di kotak pencarian Messenger dengan mengetik judul game yang akan dimainkan. Pengguna juga dapat mengirimkan tantangan kepada teman-teman mereka di Facebook Messenger.

“Setelah Anda menyelesaikan sebuah permainan, teman yang ada di percakapan akan melihat skor Anda dan punya kesempatan untuk menantang kembali,” tulis Facebook.

Facebook mengklaim, pengguna Messenger setiap bulannya saat ini mencapai 1 miliar orang. Sementara tahun lalu, Facebook sendiri memiliki hampir 1,5 miliar pengguna yang masuk ke situs itu setidaknya sekali sebulan. Angka ini adalah yang tertinggi dalam sehari. Bisa dikatakan, kehadiran game di Messenger untuk membuat penggunanya betah berlama-lama dan tentunya untuk menambah jumlah pengguna baru.

Facebook Messenger sendiri diciptakan pertama kali pada 2014 dan awalnya sulit menarik minat para pemilik akun Facebook. Mark Zuckerberg dan kawan-kawan pun menyiasatinya dengan menambahkan berbagai fitur pada aplikasi ini, seperti instant video dan fasilitas pembayaran online.

Inovasi tersebut mendorong jumlah pengunduh Facebook Messenger hingga lebih dari satu miliar. Alhasil, saat ini, Facebook Messenger masuk ke tiga besar aplikasi ponsel pintar terpopuler setelah Facebook dan WhatsApp.

Seperti diketahui, fitur-fitur penting seperti group chat, foto, video, voice note, file attachment, semua itu ada di Facebook Messenger. Selain itu, Facebook Messenger juga dapat diakses dengan mudah di berbagai platform.

Tahun 2013, Facebook memperbarui Facebook Messenger untuk perangkat iOS dan Android.  Fungsi dan cara kerjanya menjadi mirip dengan WhatsApp, Line, dan sejenisnya. Facebook Messenger dapat mengirim pesan ke pengguna lain yang menggunakan Facebook Messenger dengan mendeteksi nomor telepon seluler yang ada di daftar kontak, sekalipun tidak saling berteman di Facebook.

Kembali ke fitur game. Facebook mengungkapkan, sudah dan akan membawa fitur game ini ke 30 negara. Namun tampaknya, pengguna Indonesia harus sedikit bersabar. Pasalnya, hingga berita ini ditayangkan, fitur tersebut belum tersedia. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Bagi Anda yang ingin mengunduh Facebook Messenger, silakan kunjungi tautan berikut (untuk pengguna iOS) atau tautan berikut (untuk pengguna Android).

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID