News

Tak Mau Kalah dengan Snapchat, Facebook Luncurkan Fitur Slideshow

[Gambar: Techcrunch.com]

Facebook makin gencar saja mendorong para penggunanya untuk berbagi video di platformnya. Kini, Facebook telah meluncurkan sebuah fitur baru pada aplikasi Facebook untuk iOS yang dinamakan Slideshow. Dengan fitur ini, Anda bisa menyulap foto dan video yang telah Anda posting menjadi video pendek yang bisa dipercantik dengan berbagai pilihan tema dan musik yang sudah tersedia. Dengan begini, sekarang berbagi foto akan terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Dalam pernyataannya, Facebook menjelaskan bahwa “Kita semua tahu bahwa orang-orang suka berfoto-foto dan menunjukkan kegiatan akhir pekannya. Entah itu sebuah pertemuan keluarga, sebuah perjalanan dengan teman-teman, atau bahkan makan siang yang menyenangkan. Fitur baru yang menyenangkan ini memungkinkan Anda untuk menjalin semua momen spesial tersebut ke dalam format yang dapat menangkap keasyikan pada momen tersebut.”

Pada awalnya, fitur ini diluncurkan pada bulan Agustus sebagai bagian dari aplikasi berbagi foto keluaran Facebook, Moments. Sementara itu, fitur Slideshow sendiri sudah mulai diuji coba pada beberapa pengguna Facebook pada bulan Desember lalu. Sekarang, jika Anda posting lebih dari lima foto atau video dalam waktu 24 jam terakhir, ketika Anda akan posting status, Anda akan diberikan opsi oleh Facebook untuk membuat Slideshow. Anda juga akan diberi opsi untuk mencoba fitur ini jika Anda menonton video Slideshow yang sudah dishare oleh teman Anda.

[Gif: Mashable.com]
[Gif: Mashable.com]

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tiap Slideshow akan secara otomatis dibuat dengan mengkombinasikan pilihan foto dan video yang Anda posting pada 24 jam terakhir. Setelah itu, Anda bisa mengedit video tersebut; mulai dari menambahkan dan mengurangi gambar, sampai mengubah tema video Slideshow tersebut. Untuk saat ini, Facebook menawarkan sepuluh pilihan tema, yaitu Nostalgic, Playful, Night Out, Birthday, Epic, Thankful, Tropical, Bollywood, dan Amped.

Fitur ini diyakini bisa membantu Facebook untuk bersaing dengan fitur Stories pada Snapchat yang menampilkan postingan pengguna selama 24 jam terakhir secara kronologis.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID