Home  »  News   »  
News

Tamagotchi, ‘Mainan Masa Muda’ yang Kembali Dirilis!

[Foto: Bandai]
Kalian yang menghabiskan masa kanak-kanak dan remaja di tahun 90-an pasti tahu yang namanya Tamagotchi. Waktu sekolah dulu, pokoknya nggak keren kalau belum punya Tamagotchi di kantong, dan setiap ada kesempatan, kalian selalu memeriksa apakah “peliharaan” digital kalian lapar, ingin bermain, harus dimandikan, atau ingin buang air.

Saat itu, memiliki dan bermain dengan Tamagotchi memang bikin kecanduan. Maklum saja, waktu itu anak-anak belum lazim memiliki ponsel sendiri dan membawanya kemana-mana. Namun walaupun tren-nya sudah lama hilang, ternyata Tamagotchi masih ada di hati para penggemarnya.

Tahun lalu, Tamagotchi menjadi aksesori fashion yang populer di kalangan remaja wanita di Jepang. Lalu ada lagi gantungan kunci Tamagotchi Friends yang dirilis tahun 2013. Tak ketinggalan, Apple pun ikut meramaikan tren Tamagotchi dengan membuat aplikasinya di Apple Watch.


Kini peliharaan virtual tersebut kembali untuk membangkitkan kenangan masa muda, dan mungkin membentuk kenangan baru bagi generasi muda masa kini yang sudah terlalu asyik dengan ponsel. Pembuat game asal Jepang Bandai Namco baru-baru ini merilis kembali Tamagotchi dalam versi originalnya, dan bentuknya dibuat mirip dengan mainan ini di masa lalu: bentuk telur beraneka warna.

Namun seperti tren apapun yang mengalami pengulangan, tetap saja versi baru ini dibuat berbeda. Ukurannya hanya separo dari Tamagotchi pendahulunya, layar LCD-nya berbentuk pergsegi alih-alih persegi panjang, dan ikon-ikon yang biasanya ada di bagian atas dan bawah layar nampaknya dihilangkan.

Walaupun tampilannya tidak seperti yang dibayangkan, namun para netizen Jepang nampak antusias menyambutnya.

“Saya sudah membeli Tamagotchi! Ukurannya lebih kecil dari yang saya harapkan, tapi yang penting kenangannya!” kata seorang pengguna di Jepang melalui akun Twitter-nya.

“Saya buru-buru membeli ini pada perayaan ulang tahun ke-20 Tamagotchi,” kata pengguna lain.

“Telur-telur ini cepat sekali habis terjual! Orang-orang main tak sabaran…” kata seorang lagi.

Tamagotchi versi baru ini sudah dijual di Jepang seharga 1.920 yen, atau setara dengan 17 dolar AS. Akankah mainan ini masuk ke pasar Indonesia? Karena pastinya banyak fans Tamagotchi di sini yang ingin mengenang masa muda.

Tamagotchi versi original yang diluncurkan tahun 1996 di Jepang dengan cepat menjadi populer, dan mulai dirilis di negara-negara lain termasuk Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 1997.

Kemudian, Tamagotchi mulai dilengkapi dengan banyak versi dan karakter, termasuk pilihan “peliharaan” mulai dari bayi manusia, kucing, anjing, bebek, kelinci, dan apapun yang bisa terpikirkan.