News

Tambah Fitur Ad-Block, Opera Janjikan Browser Yang Lebih Cepat Dan Hemat Data

[Gambar: Opera.com]
[Gambar: Opera.com]
Opera kini telah menambahkan fitur ad-block pada browser mobile dan desktopnya. Fitur ini sebenarnya sudah diluncurkan pada pengembang bulan Maret yang lalu. Namun, sekarang semua pengguna browser Opera sudah bisa memanfaatkan fitur pemblokiran iklan ini tanpa harus menginstall ekstensi pihak ketiga.

Pengembang browser kini semakin gencar dalam menawarkan kenyaman bagi pengguna agar bisa browsing di internet tanpa adanya gangguan iklan. Namun, sebenarnya layanan ini bisa dibilang masih kontroversial. Karena meskipun ad-block bisa mempercepat proses pemuatan (loading) halaman web, tetapi iklan inilah yang telah mendukung banyak layanan online gratis, seperti Facebook maupun Google Search.

[Gambar: Opera.com]
[Gambar: Opera.com]
Pada Opera, fitur pemblokiran iklan ini tidak akan diaktifkan secara otomatis. Pengguna harus mengaktifkannya sendiri melalui pengaturan. Bahkan jika anda tidak mengaktifkannya sendiri, Opera bisa secara otomatis mendeteksi apakah ada iklan yang bisa diblokir. Setelah itu, Opera akan mengingatkan penggunanya melalui pop-up untuk mengaktifkan fitur ad-block.

[Gambar: Opera.com]
[Gambar: Opera.com]
Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan ad-block untuk situs web tertentu, cukup klik ikon perisai di address bar dan lalu nyalakan opsi ad-blocknya. Anda juga bisa melihat statistik mengenai berapa banyak iklan yang anda memblokir pada halaman ini dan berapa banyak iklan yang telah diblokir secara keseluruhan.

Menurut Opera, menggunakan fitur ad-block bawaan browser akan lebih menguntungkan dibandingkan mengunduh ad-block dari pihak ketiga. Hal ini disebabkan karena ad-block bawaan bisa mengurangi konsumsi memori dan membuat browsing lebih cepat.

Opera juga menambahkan, dengan mengaktifkan fitur ad-block ini, browsing internet bisa 45 persen lebih cepat ketimbang dengan menggunakan browser Google Chrome dan ekstensi ad-block pihak ketiga. Selain itu, disebutkan juga bahwa mengaktifkan fitur ad-block ini bisa membuat browser Opera memuat halaman situs 89 persen lebih cepat dibandingkan biasanya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID