Home  »  News   »  
News

Telegram Luncurkan Bot Payment pada Pembaharuannya yang Teranyar

[Ilustrasi: telegram.org]
Salah satu aplikasi messenger yang sedang naik daun, Telegram, telah menghadirkan sebuah pembaharuan besar dengan Telegram versi 4.0. Pembaharuan ini mencakup tiga fitur utama, yaitu: video messaging, bot payment dan Instant View.

“Bayangkan sebuah dunia di mana Anda bisa memesan pizza, membeli sepasang sepatu, memesan taksi, atau mengisi ulang kartu kereta tanah bawah Anda — hanya dengan beberapa ketukan pada aplikasi Telegram,” papar Telegram dalam postingan blognya. Jadi, jika Anda memiliki aplikasi Telegram versi 4.0 pada ponsel Anda, maka Anda bisa memesan barang atau layanan langsung dari bot yang menawarkannya. Bot tersebut kemudian akan menambahkan tombol Pay ke dalam pesan yang dikirimkannya. Jika Anda menekan tombol Pay, maka Anda akan diminta untuk mengisi informasi kartu kredit dan pengeriman. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi pembayaran dan Anda pun akan mendapatkan barang / jasa yang sudah Anda bayar. Jika akun Anda dilindungi oleh 2-Step Verification atau verifikasi 2 langkah, Anda bisa menyimpan informasi kartu kredit Anda untuk transaksi mendatang. Praktis, bukan?

Baca Juga:  Peneliti MIT Ciptakan 'Kamera' yang Bisa Membaca Isi Buku Tanpa Membukanya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Telegram juga meluncurkan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk merekam pesan video untuk dibagikan ke dalam group chat atau channel Telegraph. Dengan menggunakan layanan hosting video terbaru dari Telegram, Telescope (Telesco.pe), pesan video tersebut bisa juga dibagikan di luar aplikasi Telegram. Video yang dibagikan bisa diakses secara online di manapun itu dengan sebuah URL khusus.

Berita mengenai pembaharuan pada aplikasi Telegram ini muncul ke permukaan setelah Google mengumumkan rencananya untuk menambahkan fitur pembayaran online dan peer-to-peer payment pada layanan Google Voice atau Google Assistant miliknya.

Berikut ini rincian pembaharuan pada Telegram:

Telegram Versi 4.0 menghadirkan tiga buat pembaharuan besar:

1. Video messages dan Telescope

  • Ketuk ikon mikrofon untuk beralih ke mode kamera, kemudian ketuk dan tahan tombol untuk merekam video message singkat.
  • Swipe ke atas ketika merekam untuk mengaktifkan mode perekaman hands free. Fitur ini bisa digunakan juga pada voice notes. Stop dan putar ulang rekaman sebelum Anda mengirimkan pesanan tersebut.
  • Memperkenalkan Telesco.pe, platform di mana semua orang bisa melihat pesan video dari channel publik — tidak perlu memiliki akun Telegram.

2. Bot Payment

  • Bot pada Telegram kini dapat menerima pembayaran dari pengguna.
  • Kelak Anda akan bisa memesan pizza, belanja pakaian, atau bahkan membayar tagihan dengan menggunakan Telegram bots.
  • Bot payment mendukung layanan Apple Pay.

3. Instant View Platform

  • Instant View sudah mendukung ribuan websites, termasuk website favorit Anda.
  • Semua orang bisa membuat pratinjau artikel dengan menggunaka Instant View Editor kami yang baruKami mengadakan kontes berhadiah $200.000 untuk membantu kami mengaktifkan Instant View untuk (hampir) seluruh website.
  • Menambahkan tema untuk halaman Instant View: membaca artikel dengan tema warna gelap, keabuan, atau sepia, memilih jenis dan ukuran tulisan, mendukung mode auto-night.
  • Tekan lama saat melihat halaman Instan View untuk menyalin atau membagikan paragraf yang sudah dipilih dengan teman.