News

Tesla Berencana Gaet Panasonic Untuk Memproduksi Panel Tenaga Surya

[Ilustrasi: thecountrycaller.com]
Bloomberg melaporkan bahwa Tesla tengah mendiskusikan rencana kemitraan dengan Panasonic untuk memproduksi panel tenaga surya di pabrik SolarCity yang baru di Buffalo, New York. Meskipun begitu, rupanya kesepakatan ini tidak mengikat dan tetap bergantung pada persetujuan pemegang saham terhadap rencana akuisisi Tesla terhadap SolarCity. Dalam postingan blognya, Tesla menjelaskan bahwa kerjasama ini berkaitan dengan produksi sel photovoltaic dan modul yang digunakan di sistem tenaga surya pada Powerwall dan alat penyimpanan energi keluaran Tesla, “Powerpack”.

Hal ini rupanya bukanlah yang pertama kalinya kedua perusahaan ini menjalin kerjasama. Panasonic sendiri selama bertahun-tahun telah menjadi rekan utama Tesla di bidang industri. Perusahaan asal Jepang ini bahkan turut membantu memproduksi baterai lithium-ion untuk mobil elektrik Tesla Model S dan model X di Gigafactory, Nevada. Kemitraan ini juga merupakan ekspansi terhadap operasi SolarCity di Buffalo. Diharapkan, rencana kerja sama ini dapat mempererat dan memperdalam hubungan antara kedua perusahaan tersebut. Shuuji Okayaama, wakil presiden unit Eco Solutions Panasonic menyatakan bahwa Panasonic “berharap rencana kolaborasi ini akan mengembangkan hubungan antara Tesla dan Panasonic.”

“Kami sangat antusias dapat memperluas kemitraan kami dengan Panasonic seiring dengan langkah-langkah menuju kombinasi Tesla dan SolarCity,” kata CTO Tesla, JB Straubel dalam sebuah pernyataan. “Dengan bekerja sama pada tenaga surya, kita akan dapat mengakselerasi produksi sel surya dan modul yang efisien, sangat handal, dengan harga yang terbaik.”

Pada tanggal 17 November mendatang, para pemegang saham di SolarCity akan melakukan voting terhadap rencana merger antara Tesla dan SolarCity. Dalam hal ini, Elon Musk merupakan pemegang saham terbesar di kedua perusahaan ini. Jika rencana ini disetujui, maka kemungkinan besar rencana kerjasama dengan Panasonic ini akan menjadi kenyataan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID