Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tidak Bisa Menemukan Ikon Bluetooth pada Windows 10? Ini Cara Mengatasinya

[Gambar: theappguruz.com]
Pada pengaturan default, saat Anda menyalakan Bluetooth pada PC Windows Anda, secara otomatis ikon Bluetooth akan muncul pada area notifikasi atau system tray pada taskbar. Ikon Bluetooth yang ada pada system tray dapat mempermudah Anda untuk mengakses pengaturan Bluetooth, bergabung dengan sebuah personal area network, menambahkan perangkat Bluetooth baru, atau melakukan transfer data. Terkadang, ada kalanya pengguna Windows 10  tidak bisa melihat ikon Bluetooth pada system tray tersebut. Untuk mengembalikan ikon Bluetooth pada system tray atau area notifikasi, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya.

Mengaktifkan Bluetooth

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikon Bluetooth hanya muncul di system tray ketika fitur Bluetooth diaktifkan. Dengan kata lain, jika Anda menonaktifkan fitur Bluetooth, maka secara otomatis ikon Bluetooth tidak akan muncul pada system tray. Berikut ini cara untuk mengecek status Bluetooth Anda dan mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut.


Langkah 1: Jalankan aplikasi Settings dengan cara mengklik ikon Settings melalui Start menu atau gunakan keyboard shortcut Logo Windows + I.

Langkah 2: Klik ikon Devices.

Langkah 3: Klik Bluetooth.

Langkah 4: Pada bagian Manage Bluetooth Devices, aktifkan opsi yang berlabel Bluetooth. Anda juga bisa menonaktifkannya dengan cara ini jika diinginkan. Setelah mengaktifkan fitur Bluetooth, ikon Bluetooth akan bisa ditemukan di system tray.

Menambahkan ikon Bluetooth ke system tray atau notification area

Jika mengaktifkan Bluetooth tetap tidak bisa menampilkan ikon Bluetooth ke system tray Anda, ini bisa saja dikarenakan ikon Bluetooth pada system tray telah dinonaktifkan melalui setelan Bluetooth. Berikut ini cara untuk mengaktifkan ikon Bluetooth pada system tray.

Langkah 1: Jalankan aplikasi Settings. Kemudian klik Devices.

Langkah 2: Klik Bluetooth untuk melihat setelan dan opsi yag tersedia untuk fitur Bluetooth. Pastikan fitur Bluetooth sudah diaktifkan, kemudian klik pada tautan More Bluetooth options untuk membuka pengaturan Bluetooth.

Langkah 3: Pada tab Options, beri tanda centang pada opsi Show the Bluetooth icon in the notification area, kemudian klik tombol Apply untuk menerapkan setelan tersebut.

Semoga metode-metode ini dapat membantu Anda!