Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tidak Perlu Antivirus! Ini Langkah Menghapus Virus yang Menyerang Komputer Anda

Virus merupakan masalah yang pasti mengganggu para pengguna perangkat yang selalu terhubung dengan koneksi internet. Saat komputer sudah terserang oleh virus, resiko yang harus dihadapi adalah kehilangan data personal sampai tindak pencurian data pribadi oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Ada banyak sekali potensi masukknya virus ke dalam komputer pengguna mulai dari internet dan penggunaan flashdisk yang memiliki resiko. Saat virus sudah masuk dan menyerang, biasanya para pengguna akan mengandalkan antivirus untuk mencegah dan membersihkan virus yang ada.

Nah, kali ini saya akan membagikan metode yang berbeda dari cara yang di atas. Cara yang akan dijelaskan kali ini tidak perlu menggunakan antivirus untuk menghapus virus yang ada didalam komputer.

Bagaimana caranya?

Simak penjelasannya berikut ini.

1. Anda Bisa Menggunakan Command Prompt

Langkah pertama klik start pada komputer Anda, lalu ketik cmd di pencarian. Apabila Anda sudah menemukan program cmd, maka klik kanan dan klik Run As Administrator untuk menjalankan sebagai administrator.

Lalu, jika Anda ingin menuju Drive D, maka ketik dir D: attrib -s -h /s /d kemudian tekan enter. Begitu juga saat Anda ingin memeriksa Drive yang berbeda, maka Anda tinggal mengganti huruf D dengan lokasi Drive yang berbeda.

Setelah Anda melakukan langkah di atas, maka program Command Prompt akan mengecek drive yang terpilih dan memuat semua file yang ada didalamnya. Temukan, file-file yang tidak biasa dengan format .EXE, hapus file ini melalui Command Prompt.


Cara menghapus file ini adalah dengan menggunakan REGEDIT, dimulai dengan klik Start, Run, Regedit, Edit, Find, kemudian masukkan nama file virus yang sudah Anda temukan di dalam Command Prompt. Hapus semua file yang ada termasuk folder yang ada meliputinya.

2.Gunakan Task Manager untuk Menonaktifkan Layanan yang Mencurigakan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui komputer yang dimiliki terjangkit virus atau tidak, maka bisa melalui task manager.

Caranya, Anda perlu membuka Task Manager dengan cara klik CTRL + Shift + Escape. Saat ada layanan yang mencurigakan, maka Anda bisa mematikan layanan tersebut.

Langkah selanjutnya adalah menjalankan MSConfig.

Setelah masuk ke dalam System Configuration, masuk kedalam pilihan Service. Hapus semua kolom yang mencurigakan. Cara terbaik untuk mengetahui file yang mencurigakan adalah dengan mengingat setiap aplikasi yang pernah diinstal. Dengan cara seperti ini Anda bisa dengan mudah mengetahui setiap layanan yang mencurigakan atau tidak.

Jika sudah, Anda bisa masuk ke Startup. Disini Anda bisa menemukan berbagai file yang mencurigakan, kemudian tandai setiap file yang menurut Anda berbahaya dan mencurigakan.

Jika sudah, buka kembali Command Prompt seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Temukan file yang mencurigakan dan hapus file tersebut melalui Command Prompt .

Melalui cara di atas, Anda tidak perlu lagi menghapus antivirus menggunakan berbagai software antivirus. Bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan cara di atas mungkin pada awal menggunakan cara di atas, Anda akan merasaka kesulitan. Tapi, lama kelamaan Anda akan terbiasa saat menggunakan cara yang telah disampaikan di atas.

Semoga apa yang telah saya sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jika, Anda merasa informasi di atas bisa membantu banyak orang. Jangan ragu untuk membagikannya melalui media sosial yang ada.

Selamat mencoba!