Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tidak Perlu Mengeluarkan Uang! Ini 5 Cara Menambah Memori Smartphone

[Gambar: Google Photos]
Dengan semakin banyak games dan aplikasi yang bisa digunakan pada smartphone membuat memori internal sebesar apapun dirasa kurang. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sangat suka menyimpan foto dan video di dalam smartphone.

Membeli smartphone dengan memori internal yang besar membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Jangan khawatir, sebab ada solusi lain yang bisa kamu lakukan untuk menambah memori smartphone tanpa perlu mengeluarkan tambahan dana.

Bagaimana caranya?

Berikut 5 cara menambah memori smartphone dengan mudah dan gratis.

1.Manfaatkan Fitur Adoptable Storage

Ada fitur yang sangat bermanfaat pada Android Marshmallow yaitu Adoptable Storage. Keberadaan fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat memori eksternal sebagai memori internal.

Hal yang menarik adalah Anda bisa mengubah memori eksternal menjadi memori internal tanpa perlu melakukan root. Anda hanya perlu memanfaatkan memori eksternal yang ada untuk menambah memori internal pada smartphone.

2.Google Photos

Pasti Anda pernah mengalami memori internal di smartphone habis karena banyaknya foto didalamnya. Ada cara mudah untuk mengatasi hal ini yaitu bisa menggunakan aplikasi Google Photos untuk menyimpan foto di akun Gmail yang dimiliki.


Salah satu kelebihan dari aplikasi Google Photos adalah kemampuan upload foto dalam format yang standar tanpa batas. Dengan adanya aplikasi ini, Anda tidak perlu takut kehabisan memori untuk menyimpan foto yang baru.

Hal yang lebih menarik lagi adalah setiap foto yang dimiliki bisa dimuat dengan cepat dan ringan tanpa perlu khawatir kehabisan kuota data.

3.Google Drive

Tahukah Anda bahwa Google Drive menyediakan ruang penyimpanan secara gratis sebesar 15 GB untuk Anda gunakan secara percuma. Dengan ruang penyimpanan sebesar itu Anda bisa menyimpan berbagai foto, dokumen, video, dan lagu dengan leluasa.

Selain itu Anda bisa mengakses file tersebut dengan mudah dan tidak repot.

4.MEGA

 

 

 

Jika Anda termasuk orang yang suka menyimpan dokumen yang penting di dalam smartphone, maka saya menyarankan Anda untuk menggunakan MEGA untuk digunakan. Dengan MEGA, Anda bisa menambah memori smartphone sampai 50 GB secara gratis dan tidak berbayar.

Hal yang paling penting adalah data yang disimpan di dalamnya aman karena memiliki enkripsi yang ketat.

5.Flashdisk OTG

Jika Anda termasuk orang yang malas menggunakan kuota untuk mem-backup file dan dokumen di dalam Cloud Storage, maka ada cara lain yang bisa digunakan. Caranya Anda bisa menggunakan falshdisk OTG agar bisa menyimpan beragam file dan dokumen dimanapun dan kapanpun.

Hal yang perlu Anda ingat adalah saat akan menggunakan cara ini maka perlu mengeluarkan uang yang relatif mahal atau tidak gratis seperti cara di atas.

Melalui 5 cara di atas Anda bisa dengan mudah menambah memori smartphone untuk menyimpan beragam file yang ada. Dengan cara di atas Anda tidak perlu takut kehabisan memori internal saat akan menyimpan data yang ada.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat, maka jangan ragu untuk membagikannya melalui media sosial yang ada agar semakin banyak orang yang mengetahui informasi ini.

Jangan lupa juga untuk membaca tulisan lain yang bermanfaat disini.

Selamat mencoba!