Home  »  News   »  
News

Tidal Hadirkan Fitur ‘Track Edit’ Untuk Mengubah Tempo dan Durasi Lagu

[Gambar: mbeddedmaximum.com]
Penyedia layanan streaming musik Tidal memberikan sebuah fitur baru bernama Track Edit bagi para penggunanya. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengedit lagu yang tengah diputar. Jadi, jika Anda ingin menyulap lagu ballad menjadi lagu yang upbeat yang cocok untuk didengarkan saat jogging, Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui Tidal.

Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu memainkan sebuah lagu lalu memilih menu option. Fitur yang tersedia pada aplikasi mobile Tidal (Android dan iOS) ini dilengkapi dengan tool untuk mengatur tempo lagu, menentukan waktu fade in dan fade out, dan juga mengatur panjang sebuah lagu. Setiap lagu yang sudah diedit bisa langsung disimpan pada playlist baru atau yang sudah ada.


Selain itu juga, kehadiran fitur ini bisa memberikan Anda kontrol yang lebih besar dalam mengatur playlist musik. Dengan opsi untuk memotong lagu, misalnya, Anda bisa menciptakan sebuah transisi pada playlist yang lebih smooth. Bahkan, lagu yang mungkin pada awalnya tidak cocok berada pada satu playlist yang sama bisa dimasukkan ke dalam playlist yang sama. Mungkin bagi pendengar musik casual tidak akan begitu mengapresiasi kehadiran fitur ini. Namun, orang-orang yang termasuk kategori audiophile pasti akan menyukai fitur ini. Tentu saja, ini sangat cocok dengan segmen pasar Tidal yang ditujukan bagi para audiophile. Pada awal tahun ini, Tidal juga telah menghadirkan opsi untuk streaming musik dengan kualitas “Master” yang menjanjikan kualitas streaming setara dengan audio di studio musik.

Sejauh ini, Tidal belum memberikan rincian maupun alasan di balik kehadiran fitur Track Edit ini. Yang jelas, kehadiran fitur ini bisa menjadi ‘senjata’ baru bagi Tidal untuk bersaing dengan penyedia layanan streaming musik lainnya seperti Spotify maupun Apple Music.