News

Tiongkok Ciptakan Komputer Super Cepat di Dunia Dengan Chip Buatan Lokal

[Foto: scmp.com]
Selama tujuh tahun berturut-turut, komputer super buatan Tiongkok dikabarkan menduduki peringkat teratas untuk komputer paling cepat di dunia. Kini, untuk pertama kalinya komputer super buatan Tiongkok yaitu Sunway TaihuLight ini hanya menggunakan prosesor lokal (260-core ShenWri 2610) tanpa adanya campur tangan dari perusahaan Amerika Serikat.

Daftar Top 500 yang diumumkan pada hari Senin lalu ini dianggap sebagai tonggak sejarah bagi perkembangan komputer super buatan Tiongkok dan juga pertanda berkurangnya dominasi Amerika Serikat di bidang teknologi. Untuk pertama kalinya, Tiongkok telah melampaui Amerika Serikat dengan masuknya 167 komputer Tiongkok ke dalam daftar Top 500. Amerika Serikat sendiri memiliki total 165 komputer yang masuk ke dalam daftar tersebut.

“Sepuluh tahun lalu, Tiongkok hanya memiliki 28 sistem yang masuk ke dalam daftar dan tak satu pun dari sistem tersebut menduduki peringkat 30 teratas … [itu artinya] negara ini memiliki perkembangan supercomputing paling pesat dibandingkan negara lain sepanjang sejarah,” tutur pengelola Top 500 kepada BBC.

Top500 mengungkapkan bahwa Sunway Taihu Light bisa mengoperasikan sekitar 93 triliun komputasi per detik, dua kali lebih cepat dan tiga kali lebih efisien dibandingkan dengan komputer keluaran Tiongkok lainnya, Tianhe-2, yang menduduki peringkat teratas sebelumnya. Komputer super yang didukung oleh sistem operasi Linux ini juga dikabarkan lima kali lebih cepat dibanding dengan sistem buatan Amerika Serikat yang sekarang menempati posisi tiga di dunia.

Amerika Serikat memiliki empat komputer super yang menduduki 10 teratas sementara Tiongkok ‘hanya’ memiliki dua komputer yang dua-duanya berada di posisi 2 teratas. Posisi-posisi di 10 teratas lainnya diduduki oleh Jepang, Swiss, Jerman, dan Arab Saudi.

TaihuLight akan diperkenalkan pada International Supercomputing Conference di Frankfurt oleh direktur Wuxi center, Guangwen Yang pada hari Selasa waktu setempat.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID