News

Tiongkok Kini Punya Teleskop Terbesar di Dunia Untuk Mendeteksi Alien

[Foto: internetadn | flickr.com]
[Foto: internetadn | flickr.com]
Kemarin (03 Juli 2016), Tiongkok telah menyelesaikan pembangunan teleskop radio terbesar di dunia yang terletak di daerah Pingtang, sebelah barat daya Tiongkok di Provinsi Guizhou.

Sekitar 300 orang, termasuk pembangun, para ahli, penggemar science fiction, dan wartawan turut menyaksikan instalasi teleskop tersebut di Lembah Karst.

Menurut laporan, dibutuhkan waktu 5 tahun dan dana sebesar $180 juta untuk membangun teleskop yang dinamakan The Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope atau disingkat FAST ini. Perencanaan dan pencarian lokasi pembangunan teleskop sendiri sudah dimulai sejak tahun 1994 lalu. Bagian reflektor teleskop yang sangat besar itu terdiri atas 4.450 panel yang luasnya setara dengan 30 lapangan sepak bola.

Seperti yang dilansir The Next Web, teleskop ini akan mulai beroperasi pada bulan September dan akan digunakan untuk menyelidiki keberadaan makhluk luar angkasa alias alien. Tapi, jangan dulu berharap bahwa teleskop FAST ini bisa segera mendapatkan sebuah penemuan besar. Untuk dua sampai tiga tahun ke depan, teleskop ini harus melewati tahap penyesuaian terlebih dahulu dan rencananya akan digunakan untuk penelitian tahap awal oleh para ilmuwan di Tiongkok. Setelah itu, barulah teleskop ini akan tersedia bagi para ilmuwan di seluruh dunia.

Menurut Xinhua News, FAST akan membantu mendeteksi pulsar, gelombang gravitasi, dan asam amino yang dapat mengkonfirmasi adanya kehidupan di planet lain.

Teleskop FAST ini dikabarkan jauh lebih besar daripada Observatorium Arecibo di Puerto Rico, yang sebelumnya merupakan teleskop terbesar di dunia dengan diameter sebesar 300 meter.

Untuk menjaga keheningan area dalam radius lima kilometer di sekitar teleskop FAST, lebih dari 9.000 orang akan mulai dipindahkan dari daerah sekitar teleskop tersebut dan diberi pemukiman baru di daerah tetangga pada bulan September mendatang.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID