Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tipe dan Plan Asuransi Perjalanan Terbaik

Ke manapun destinasi perjalanan Anda, cek dan teliti kembali tipe dan plan asuransi perjalanan terbaik untuk Anda. Perjalanan aman dan belanja asuransi perjalanan terbaik tanpa ribet.

Ketika melakukan perjalanan, baik dalam ataupun luar negeri, saat ini belum banyak yang menganggap membeli asuransi perjalanan itu penting. Padahal dengan memiliki asuransi perjalanan Anda dapat melindungi berbagai risiko perjalanan yang bisa saja terjadi. Ya memang alasan umumnya adalah kebanyakan tidak mau memiliki asuransi perjalanan harus menyediakan biaya ekstra yang harus dikeluarkan. Anggapannya, harga asuransi perjalanan mahal dan akan memengaruhi keuangan yang dimiliki untuk menghemat biaya perjalanan.

Padahal, dengan fungsi yang dimilikinya, asuransi ini dapat melindungi Anda dari berbagai risiko yang kemungkinan terjadi. Apalagi saat tujuan perjalanan yang Anda lakukan adalah luar negeri. Di mana segala pengurusan yang Anda lakukan kemungkinan sedikit berbeda dengan dalam negeri.

Banyak penyedia asuransi yang akhirnya membuka program asuransi yang menyediakan berbagai paket asuransi perjalanan sesuai dengan perjalanan yang akan dilakukan. Misalnya Anda ingin melakukan perjalanan ke Jepang, maka akan tersedia asuransi perjalanan ke Jepang, atau Anda ingin melakukan perjalalanan ke Jerman; maka ada asuransi perjalanan ke Jerman. Setiap paket memiliki kelebihan dan berbagai perencanaan yang bisa dipilih.

Asuransi Perjalanan Terbaik Berdasarkan Waktu Pertanggungan 

59285687 - wanderlust traveler lifestyle nature trip concept

Program Asuransi Perjalanan Single Trip

Pada umumnya, ada dua paket yang biasanya ditawarkan. Pertama adalah program single trip yang dapat menjamin untuk satu kali perjalanan yang Anda lakukan (biasanya akan menjamin Anda hingga maksimum 180 hari per perjalanan).

asuransi perjalanan

Program Asuransi Perjalanan Tahunan

Ada pula produk tahunan, yaitu program asuransi yang dapat menanggung atau menjamin setiap perjalanan Anda maksimum 90 (sembilan puluh) hari/perjalanan. Premi asuransi perjalanan yang diberlakukan, tergantung akan paket yang diambil.

Jadi, bila Anda berencana melakukan perjalanan ke luar negeri lebih dari satu kali dalam 12 bulan ke depan, maka sebaiknya Anda memilih asuransi perjalanan tahunan karena preminya bisa lebih murah jadi akan lebih memudahkan dan menguntungkan Anda.

BACA JUGA: Mengapa Anda Membeli Asuransi?

asuransi perjalanan

Asuransi Perjalanan Terbaik Berdasarkan Jumlah Tertanggung

Sendiri atau dengan siapa biasanya Anda traveling? Nah, jumlah peserta ini juga bisa menentukan pilihan Anda menentukan asuransi perjalanan terbaik mana yang sebaiknya Anda pilih. Berdasarkan jumlah tertanggung asuransi perjalanan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu asuransi perjalanan individu (individual travel insurance) dan asuransi perjalanan kelompok (group travel insurance). Perbedaan dari jenis asuransi perjalanan ini, hanya terletak dari jumlah orang yang diasuransikan saja.


BACA JUGA: Mengapa Premi Asuransi Tinggi? Ini Alasannya!

asuransi perjalanan

Asuransi Perjalanan Terbaik Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Asuransi berdasarkan tujuan perjalanan, biasanya meliputi asuransi perjalanan wisata atau leisure trip insurance dan asuransi perjalanan bisnis atau business trip insurance. Asuransi perjalanan wisata ditujukan untuk orang yang akan bepergian dengan tujuan wisata, sedangkan asuransi perjalanan bisnis memang diperuntukkan untuk melakukan bisnis atau bekerja.

Dari kedua jenis asuransi ini memang tampak serupa, namun sebenarnya asuransi ini menawarkan manfaat yang berbeda. Biasanya asuransi perjalanan bisnis menawarkan perlindungan terhadap barang pribadi milik, namun asuransi bisnis juga biasanya memberikan penggantian yang lebih besar terhadap barang pribadi yang penting serta berkaitan dengan pekerjaan.

BACA JUGA: Dapat Tiket Murah? Jangan Senang Dulu Cek 3 Hal Ini!

asuransi perjalanan

Asuransi Perjalanan Terbaik Berdasarkan Tempat Tujuan 

Untuk informasi Anda, dengan alasan begitu pentingnya asuransi perjalanan ini, beberapa negara telah menjadikan asuransi perjalanan sebagai salah satu syarat untuk mengajukan visa ke negaranya adalah dengan memiliki asuransi perjalanan ke luar negeri yang dapat menanggung jumlah minimal tertentu. Salah satunya adalah saat melakukan perjalanan ke negara-negara yang memiliki Visa Schengen, yaitu visa yang dimiliki untuk beberapa negara Eropa seperti Norwegia, Belanda, Jerman, Spanyol, Portugis, dan lainnya.

Ada sekitar 26 negara yang sudah tergabung dan memakai Visa Schengen. Jadi, sekali mendapatkan visa ini, maka Anda dapat melakukan perjalanan ke berbagai negara yang tergabung tanpa harus mengajukan permohonan visa ke masing-masing kedutaan negara. Terkait dengan asuransi ini, syarat mengajukan visa ini salah satunya adalah mempunyai asuransi perjalanan yang menjamin minimal sejumlah 30.000 USD atau sekitar Rp390juta.

Karena itu, beberapa perusahaan asuransi pada akhirnya menyediakan paket khusus berdasarkan negara yang dituju. Seperti paket asuransi perjalanan domestik untuk perjalalanan dalam negeri, paket ASEAN saat melakukan perjalanan ke negara-negara Asia Tenggara, paket Asia untuk perjalanan ke negara-negara Asia, paket Eropa untuk asuransi perjalanan ke Eropa, dan paket worldwide untuk perjalanan ke seluruh dunia.

BACA JUGA: Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan