Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips Agar Brand Anda Selalu Diingat oleh Calon Konsumen dan Pelanggan

[Foto: businessinsider.com]
Tanpa dasar yang sangat kuat, sebuah brand sama sekali tidak akan mampu membuat orang-orang mengingat merek tersebut. Apapun brand yang Anda buat, orang-orang hanya akan melihatnya sebagai brand biasa lalu kemudian mengalihkan perhatian mereka ke brand lain yang lebih menarik. Kini, dunia dibanjiri dengan jutaan brand. Menurut angka yang dikeluarkan oleh Komisi Perusahaan Malaysia, hingga 31 Desember 2016 lalu saja ada 6,375 juta usaha di Malaysia yang telah terdaftar.

Coba Anda pikirkan sejenak, bagaimana brand Anda bisa bangkit dan berdiri jauh lebih tinggi dari brand yang lain. Tidak hanya itu saja, segelintir dari jumlah brand ini juga mungkin adalah pesaing Anda. Bayangkan jika jumlah pesaing Anda cuma 0,05 persen dari 6,375 juta bisnis tadi. Jumlahnya masih sangatlah besar. Dan mereka mungkin memiliki kemampuan yang lebih dari Anda pada semua aspek termasuk modal.

Di sini saya ingin berbagi dengan Anda tentang bagaimana caranya membuat brand Anda lebih unggul dibandingkan pesaing Anda yang lain. Betul, tanpa harus menggunakan uang yang banyak Anda juga masih bisa melakukannya. Anda hanya harus kreatif saja. Ini faktor-faktor penting yang harus dimasukkan dalam strategi branding Anda:

Apakah masalah yang Anda selesaikan? Faktor ini adalah faktor yang paling dasar di antara semuanya. Anda harus pastikan brand Anda dapat membantu calon pelanggan Anda untuk menjalani kehidupan pribadi atau profesional dengan lebih baik lagi dari aspek tertentu. Sebelum ini, mereka terpaksa menghadapi sesuatu yang sulit, melelahkan, membosankan, menyusahkan, dan sebagainya tetapi sekarang tidak lagi.


Apakah solusinya? Ketika mereka tahu brand Anda dapat membantu mereka dan mengurangi beban tertentu dalam kehidupan harian mereka, baik profesional maupun pribadi, Anda harus kuatkan persepsi ini dengan memaparkan solusi yang Anda tawarkan kepada mereka. Solusi ini tentunya dengan menggunakan produk atau layanan milik Anda.

Apakah tawaran nilai yang Anda berikan? Mereka juga harus tahu mengapa mereka harus menggunakan produk dan layanan Anda dan kenapa tidak menggunakan brand lain yang memiliki fungsi yang sama. Di sini tawaran nilai Anda memiliki peranan yang penting. Penawaran nilai berarti sebuah pesan yang diberikan kepada para pengguna tentang kualitas yang dimiliki produk atau layanan Anda, yang tidak dimiliki oleh produk atau jasa pesaing Anda. Jadi, pastikan hanya Anda saja yang memiliki sesuatu kualitas itu. Dengan membandingkan merek Anda dengan orang lain, hal ini dapat menjawab pertanyaan mengapa mereka harus membeli brand Anda.

Apakah para calon konsumen dapat mengerti? Ada beberapa brand yang menggunakan kata-kata yang kompleks dan ber’standar’ tinggi, demi menjaga status. Biasanya brand seperti ini tidak akan bisa pergi jauh karena target pelanggan mereka tidak akan mengerti apa yang mereka bicarakan. Untuk menghindari masalah ini terjadi pada Anda, silakan gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan singkat, serta jelas maksudnya. Pastikan juga pesan yang disampaikan itu bisa dipahami oleh orang banyak dari berbagai kalangan.

Apakah Anda memiliki pesan atau pesan pemasaran yang kuat? Hanya dua jenis pesan saja yang perlu Anda letakkan pada setiap materi pemasaran yang ada. Pertama, janjikan pada calon konsumen bahwa mereka akan peroleh manfaat tertentu. Yang kedua, pastikan calon konsumen sadar bahwa mereka akan sangat rugi jika melewatkan kesempatan yang ditawarkan ini.

Apakah calon konsumen kerap kali menghubungkan Anda dengan brand lain? Jika mereka dapat mengaitkan brand Anda dengan brand yang lain, maka itu artinya dasar brand Anda masih belum kuat. Karena itu, para calon konsumen tidak ragu mengatakan bahwa Anda meniru merek tersebut dan bukan sebaliknya. Mereka tidak akan membeli dari Anda karena tidak ada alasan untuk mereka melakukannya. Jadi, pastikan brand Anda unik dan asli dari berbagai sisi.

Tulisan ini adalah kontribusi dari Azleen Abdul Rahim, seorang blogger pemasaran digital di azleen.com, dengan penyesuaian standar LABANA.id.