Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

Tidur mendengkur bisa dialami oleh siapa saja. Selain mengganggu, mendengkur menjadi indikasi masalah kesehatan yang serius. 
Terganggu dengan suara dengkuran tidur pasangan Anda atau bahkan Anda sendiri tidur dengan mendengkur? Mendengkur atau mengorok tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, dengkuran merupakan tanda bahwa saluran nafas Anda terganggu. Dengan demikian, anggapan tidur mendengkur menandakan tidur yang pulas ternyata keliru. Dalam dunia medis, gejala ini bahkan harus ditanggapi serius. 
Penyebab seseorang mendengkur adalah adanya penyempitan saluran udara, baik di tenggorokan maupun lubang hidung. Akibatnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh mengalami gesekan dengan langit-langit mulut, uvula (bagian dari langit-langit mulut yang menonjol ke bawah), dan otot-otot di tenggorokan. 
Meski terlihat sederhana, mendengkur bisa memicu penyakit stroke karena otak kekurangan pasokan oksigen. Bahkan gejala ini dapat menjadi sebuah awal dari penyakit kanker. Dengan menghilangkan gejala ini Anda bisa terhindar dari kedua penyakit mematikan itu. 
Inilah beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk menghentikan dengkuran saat tidur:  
Posisi Tidur Menyamping 
Posisi tidur telentang membuat Anda lebih berisiko mendengkur. Dengan mengubah posisi tidur ke samping, jaringan lunak di bagian ujung pangkal lidah tidak terdorong ke dalam sehingga tidak membuat aliran udara yang masuk lewat mulut tersumbat. 
Berhenti Merokok 
Penyebab penyempitan di bagian rongga hidung salah satunya dikarenakan kebiasaan merokok. Asap rokok yang panas itu membuat selaput di bagian hidung dan tenggorokan teriritasi. Oleh karena itu, segeralah berhenti merokok. 
Atur Pola Makan Minum 
Sebaiknya dua jam sebelum tidur Anda tidak mengonsumsi makanan-makanan berat. Hindari juga minuman beralkohol dan berkafein tinggi karena bisa memicu tidur mendengkur. 
Konsumsi Air Kunyit + Madu 
Untuk melancarakan saluran udara yang tersumbat, konsumsilah perasan air kunyit yang telah ditambah madu. Ini dipercaya bisa melancarkan rongga hidung dan tenggorokan. Sebaiknya minum selagi hangat. Minumlah tiga kali selama seminggu. 
Turunkan Berat Badan 
Mendengkur juga bisa disebabkan kelebihan berat badan. Orang bertubuh gemuk cenderung memiliki kemungkinan mendengkur lebih besar dibanding orang bertubuh kurus. Mulailah berdiet dan melakukan olahraga secara seimbang. Jika berat badan berkurang, cobalah rasakan perbedaan besar dalam tidur Anda. 
Nah, selamat mencoba!