Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips Cegah Laptop Tidak Overheat Atau Cepat Panas

[Foto: dlanderson.com]
Hampir seluruh pengguna laptop pasti pernah mengalami yang namanya overheat. Kalau dibiarkan, kondisi seperti ini bisa berakibat cukup fatal pada laptop Anda. Laptop Anda bisa saja tiba-tiba crash dan menampilkan pesan blue screen, hilang data, atau mungkin tiba-tiba shut down sendiri. Selain itu juga, kondisi ini bakal bikin laptop jadi tidak awet. Sebenarnya, banyak cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah agar laptop Anda tidak cepat panas.

  • Ketika laptop sedang menyala, jangan pernah menaruhnya di atas barang-barang yang memiliki bantalan, misalnya kasur. Bahan yang lembut dapat menghalangi ventilasi aliran udara, terutama yang terletak di bagian bawah laptop, dan membuat mesin laptop menjadi panas.
  • Jangan pernah menyalakan laptop seharian jika sedang tidak digunakan. Biasakan untuk mematikan laptop jika sudah tidak digunakan. Terlebih lagi jika laptop bekerja dari pagi hingga malam, pastikan laptop telah dimatikan ketika Anda sedang tidur. Hal ini dapat menghemat energi dan juga mengurangi panas yang dikeluarkan oleh komponen laptop.
  • Ketika disimpan di dalam tas, pastikan laptop Anda selalu berada dalam keadaan mati.
  • Jangan pernah meletakkan apa pun di atas keyboard Anda saat laptop tengah beroperasi dalam keadaan tertutup. Hal ini kemungkinan bisa membuat laptop Anda sering mati-nyala sendiri secara mendadak. Selain itu juga, hal tersebut bisa jadi menghasilkan panas yang cukup besar dan menguras baterai Anda.
  • Sebaiknya Anda secara rutin membersihkan saluran ventilasi pada laptop. Biasanya, jika lama tidak dibersihkan, debu-debu akan bertumpuk yang membuat laptop Anda kesulitan untuk bernafas. Anda juga bisa menggunakan bantuan vacuum cleaner kecil yang khusus untuk membersihkan laptop.
  • Periksa fan atau kipas pada laptop secara berkala. Jika kipasnya sudah rusak dan tidak berfungsi, sebaiknya Anda segera memperbaikinya.
  • Gunakan kipas eksternal pada laptop, terutama jika sedang bekerja pada ruangan yang memiliki temperatur ruangan yang relatif panas.