Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips dan Kiat Sukses Menggunakan Facebook for Business

Banyak orang yang mengeluh kepada saya, mengapa ini yang terjadi. Mereka sering mendapat jumlah Like yang mencapai ribuan, beratus-ratus komentar, banyak melakukan kerja sama, dan banyak juga orang yang tertarik pada produk Anda. Tapi, jumlah pembeli tidak sebanyak yang diinginkan. Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan potensi pembelian?

Masalah ini biasanya sering muncul di platform Facebook, karena rata-rata pedagang kecil hanya mengetahui saluran media sosial ini. Padahal, Facebook merupakan media sosial yang memiliki tingkat konversi paling rendah di antara semua media sosial yang ada. Istilah Conversion ini mengacu pada konversi atau perubahan dari status pengunjung menjadi pembeli.

Menurut saya, pedagang-pedagang ini telah melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan di Facebook. Menarik perhatian di internet bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi untuk mencapai objektif besar seperti kasus di atas. Perlu Anda ketahui, Facebook dan media sosial lainnya hanyalah berperan sebagai wadah untuk membagikan informasi dan menarik trafik untuk berkunjung ke website maupun akun media sosial Anda. Itu saja. Sementara itu, konversi baru bisa terjadi jika konten yang mereka baca itu sangat berarti atau bermanfaat bagi mereka.

Yang harus Anda lakukan sekarang adalah membujuk orang-orang yang sudah me-Like, mengomentari, dan membagikan postingan Anda agar mereka mau membeli produk yang Anda tawarkan. Ingat, pastikan Anda tidak terlihat putus asa ketika melakukannya. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan.


Perbaiki tombol Call-To-Action Anda. Mungkin Anda tidak sadar bahwa kebanyakan orang lebih suka mengirimkan SMS daripada menelpon atau mengirimkan email. Untuk itu, pada halaman Facebook business, Anda harus mengubah dan menyesuaikan tombol Call-To-Action (CTA) dengan teks yang lebih relevan, misalnya: “Kirimkan Pesan” atau “SMS Sekarang”. Bagi yang baru pertama kali mendengar istilah tombol CTA, ia adalah tombol yang terletak di atas halaman Facebook business Anda yang berfungsi untuk mempermudah pengguna untuk menghubungi Anda ketika mereka ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Respon yang cepat dan sigap. Untuk memastikan bahwa Anda akan menjawab pertanyaan calon pembeli dengan cepat, Anda bisa memanfaatkan fitur Auto Answer atau Auto Reply yang terletak pada bagian Settings. Di sini, Anda dapat menambahkan sebuah teks atau paragraf yang menyebutkan bahwa Anda akan menjawab pertanyaan mereka secepat mungkin. Dengan interaksi seperti ini, Anda bisa membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan dan mungkin menarik pelanggan baru.

Beri jawaban yang lebih personal. Bayangkan jika sebuah brand memanggil Anda dengan nama Anda sendiri. Apakah Anda merasa senang dan lebih dekat dengan brand tersebut> Pada halaman business setting di Facebook, Anda bisa memulai jawaban Anda dengan nama depan pelanggan. Dengan kata lain, Anda bisa membuat Automatic Answer terasa jadi lebih personal.

Layanan dan produk gratis. Memberikan produk atau layanan gratis bisa menarik lebih banyak pelanggan lagi. Pastikan Anda sudah mengumumkan promosi ini pada pelanggan Anda.

Tulisan ini adalah kontribusi dari Azleen Abdul Rahim, seorang blogger pemasaran digital di azleen.com, dengan penyesuaian standar LABANA.id.