Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips Gunakan WiFi Gratis di Tempat Umum Agar Perangkat Anda Tetap Aman

[Foto: letsintern.com]
Bagi masyarakat perkotaan, menggunakan WiFi gratis di tempat umum sudah menjadi kebutuhan. Namun sayangnya, tidak semua masyarakat menyadari bahaya tersembunyi di balik penggunaan WiFi tersebut.

Seorang pengajar di Universitas Maryland bernama David Maimon menjelaskan, menggunakan WiFi gratis di tempat umum memungkinkan pengguna lain mengakses data yang terdapat di komputer Anda.

“Apa yang peretas lakukan adalah mencoba untuk mencegat komunikasi antara komputer Anda dan komputer yang sedang diakses oleh Anda. Mereka dengan mudah bisa mendapatkan password dan username,” katanya, seperti dilansir dari Digital Trends.

Nah, jika Anda suka menggunakan WiFi yang bisa diakses secara gratis di tempat umum, ada baiknya untuk selalu waspada. Berikut adalah tujuh langkah yang patut dilakukan agar perangkat Anda tetap aman saat menggunakan WiFi publik, sebagaimana dilansir dari ScoopWhoop.

Periksa Kembali Nama WiFi

Jika sedang berada di sebuah kafe, Anda pasti tidak akan berpikir dua kali untuk menggunakan WiFi di tempat tersebut. Nah, ‘kelalaian’ itulah yang bisa membuat hacker dapat dengan mudahnya mencuri informasi sensitif yang tersimpan dalam perangkat Anda.

Dengan menghubungkan perangkat ke jaringan yang tidak aman, kemungkinan data Anda dicuri jauh lebih besar. Hal ini karena hacker menggunakan nama mirip dengan WiFi di tempat umum. Oleh karena itu, mulailah untuk selalu menanyakan nama WiFi kepada karyawan tempat Anda berada. Tanyakan kepadanya perihal kebenaran nama dan kata sandi WiFi yang digunakan di tempat tersebut.


Hindari Mengakses Informasi Sensitif

Setelah Anda mengetahui bahwa WiFi publik rentan terhadap serangan siber, sebaiknya hindari mengakses berbagai informasi yang bersifat sensitif. Misalnya mengakses email, layanan perbankan, akun kartu kredit, atau berbelanja di online shop.

Gunakan Pengaturan Manual

Salah satu cara agar tetap aman saat menggunakan WiFi publik adalah jangan mengatur perangkat yang Anda gunakan terhubung otomatis dengan WiFi yang tersedia di tempat umum. Saat Anda hendak mengakses internet. pastikan agar laptop, tablet, atau smartphone terkoneksi dengan WiFi secara manual.

Lalu setelah selesai memakainya, Anda juga perlu mengatur perangkat untuk ‘forget’ atau melupakan akses WiFi publik.

Log Out Saat Selesai

Jangan lupa untuk log out dari akun-akun personal yang sempat dibuka. Lakukan ini saat Anda selesai menggunakan WiFi di tempat umum,. Misalnya Anda mengakses akun Facebook atau media sosial lain, maka Anda perlu me-log out agar data pribadi tetap aman.

Jangan Mengganti Password

Saat perangkat Anda terhubung dengan WiFi publik, usahakan untuk tidak mengganti password. Sebab, hal ini berpotensi pada pelanggaran data atau serangan siber. Pastikanlah Anda mengganti password ketika berada di jaringan internet yang aman.

Gunakan HTTPS

HTTPS mengenkripsi data yang terhubung antara komputer dan server web yang Anda kunjungi. Saat pengguna membuat pencarian teks, memang tidak masalah jika tidak memakai koneksi aman (HTTPS). Namun, jika Anda membuka akun yang perlu memasukkan password, seperti email, Facebook dan situs lainnya, pastikan untuk selalu menggunakan koneksi aman.

Jika Anda menggunakan HTTP tanpa s (secure/aman), seseorang dengan niat jahat bisa saja mendapatkan informasi-informasi sensitif milik Anda.

Gunakan VPN

Virtual private network (VPN) merupakan cara mengarahkan lalu lintas web melalui jaringan aman. Cara ini bisa jadi membuat lalu lintas Anda di internet menjadi lebih aman.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!