Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips Memaksimalkan dan Meningkatkan Koneksi 3G Anda

[Foto: bgr.com]
Apakah Anda masih menggunakan koneksi 3G pada ponsel atau tablet Anda? Jika dilihat dari segi performa dan kecepatan koneksi, 3G memang kalah cepat dibandingkan 4G. Namun, Anda beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan performa koneksi 3G Anda.

Mengganti browser yang Anda gunakan. Browser memiliki peranan penting dalam berselancar di dunia maya. Untuk itu, gunakan browser yang dilengkapi dengan fitur yang dapat memaksimalkan koneksi internet yang Anda miliki. Salah satu browser yang bisa Anda coba adalah Opera Max. Browser yang satu ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki kontrol penuh atas penggunaan kuota internet dan memaksimalkan kecepatan browsing. Fitur-fitur yang ditawarkan juga bisa sangat membantu bagi Anda yang menggunakan koneksi 3G. Misalnya, fitur VPN yang bisa menghemat penggunan kuota, memonitor aplikasi dan melihat aplikasi mana yang memakan kuota paling banyak, mengelola konsumsi data, dan bahkan meningkatkan kecepatan WiFi Anda,

Gunakan aplikasi versi Lite. Untuk menghemat kuota sekaligus mendapatkan performa koneksi yang lebih cepat, cobalah menggunakan aplikasi versi lite yang lebih ringan. Misalnya, Facebook Lite atau Line Lite. Biasanya dalam aplikasi ini, penggunaan bandwith dan kuota akan lebih kecil. Otomatis, Anda juga bisa lebih menghemat baterai dengan menggunakannya.

Baca Juga:  Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Instalasi Windows 8

Nonaktifkan gambar pada browser Anda. Salah satu konten web yang paling memakan banyak kuota adalah gambar. Jika tidak -begitu butuh untuk memuat gambar, Anda bisa memilih untuk menonaktifkan gambar tersebut melalui menu Settings atau Setelan. Bisa dijamin ketika Anda memilih untuk menampilkan teks saja pada halaman web, koneksi internet Anda akan terasa semakin cepat.

Hapus Cache pada perangkat Anda. Jika Anda sudah melakukan cara di atas tapi koneksi Anda masih juga lama, bisa saja masalahnya sebenarnya terletak pada perangkat Anda. Untuk menanggulanginya, cobalah menghapus cache pada smartphone atau tablet Anda. Meskipun pada umumnya perangkat Android versi terbaru bisa bisa mengelola memori sistem ponsel Anda dengan baik, namun jika cache pada perangkat Anda terlalu berlebihan, maka itu bisa membuat perangkat Anda menjadi lamban. Performa perangkat Anda dalam berinternet juga bisa ikut terpengaruhi karenanya. Untuk menghapus Cache pada perangkat Anda, masuk ke dalam menu Settings -> Application, kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache nya. Setelah itu, pilih opsi Clear Cache. Lakukan proses ini pada beberapa aplikasi yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:  Gunakan Tips Ini Saat Anda Lupa Password Smartphone Android

Menghapus aplikasi yang hambur memori. Aplikasi-aplikasi yang menggerogoti banyak memori ponsel di belakang layar bisa sangat mempengaruhi performa ponsel Anda. Widget juga merupakan salah satu konten yang bisa menghabiskan banyak memori ponsel. Untuk mendapatkan pengalaman berselancarang lebih mulus, tidak ada salahnya untuk menghapus/uninstall aplikasi maupun widget yang jarang Anda gunakan.

Mengubah Preferred Network Mode. Jika Anda sudah membebaskan banyak memori pada ponsel/tablet Anda namun masih mengalami koneksi yang lambat, mungkin masalahnya memang terletak pada jaringan yang Anda gunakan. Cara mengakalinya adalah dengan cara bereksperimen dengan setelan preferred network mode di ponsel Anda. Letak pengaturan ini berbeda-beda di setiap perangkat, namun biasanya Anda bisa menemukannya di dalam pengaturan network connectivity. Cobalah untuk mengubah-ubah network mode yang Anda gunakan dan cari mana yang paling stabil untuk Anda.