Tips & Guide

Tips Mengatasi Kapasitas Penyimpanan Hard Disk MacBook yang Cepat Penuh

[Sumber: apple.com]
Apa yang akan Anda rasakan bila sedang asik mengunduh file lalu muncul pop up yang menyampaikan bahwa ruang file penyimpanan Mac telah penuh? Tentu akan menimbulkan momok bagi Anda yang sangat membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

Selain itu, kasus kelebihan memori juga menyebabkan Mac bekerja lambat bahkan bisa menimbulkan error lalu Anda harus mematikan secara paksa. Tentu saja ini memengaruhi kualitas Mac Anda.

Kasus diatas tidak akan terulang bila Anda secara berkala menghapus file yang tidak dibutuhkan. Namun sebenarnya apa sih yang bisa menjadi penyebab file Mac kamu terus penuh padahal sudah dihapus secara rutin?

Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kapasitas memori di MacBook:

 

Tutorial 1: Cek Kapasitas Memori Macbook.

Anda wajib untuk melihat berapa banyak ruang yang telah digunakan dalam penyimpanan berdasarkan kategori file, seperti Dokumen, Sistem, Aplikasi, Itunes, Musik, dan Foto.

Untuk mengecek Anda dapat mengakses menu yang bersimbol logo Apple di pojok kiri atas lalu klik ‘About This Mac’ dan pilih ‘Storage’. Maka pengguna akan diberikan data berapa sisa kapasitas memori dan detail ruang yang telah digunakan per kategori.

Baca Juga:  FBI Berusaha Untuk Memecahkan Password iPhone Teroris

Tutorial 2: Atur File Penyimpanan Anda

Bila Anda ingin mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelebihan memori, silahkan klik ‘Manage’ maka secara otomatis pengguna dapat melihat beragam rekomendasi untuk mengoptimalkan penyimpanan.

Terlihat dalam ilustrasi, bahwa Mac memberikan beberapa pilihan untuk mengatasi memori yang telah penuh. Berikut ini detail mengenai masing-masing fitur:


  • Simpan di iCloud. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file di iCloud Drive sehingga memori Mac akan berkurang. Pengguna juga dapat mengelola foto dan video dengan menyimpan file beresolusi penuh di drive sehingga tidak akan memenuhi kapasitas memori internal. Bila ternyata memori drive Anda telah penuh, disarankan untuk menaikkan kapasitas memori drive. Tersedia pilihan 50GB dengan harga $0.99 perbulan atau kurang lebih Rp 15.000
  • Optimalkan Penyimpanan. Mac akan menyaranan Anda untuk menghapus file musik dan serial televisi yang telah ditonton pada iTunes. Fitur ini memungkinkan Anda mengurangi kapasitas yang besar karena banyak pengguna lupa untuk menghapus file-file di dalam iTunes.
  • Hapus ‘Trash’ Otomatis. Banyak pengguna tidak mengetahui bahwa file yang telah dihapus akan tersimpan di ‘Trash’ untuk sementara waktu. Dengan fitur ini secara otomatis file yang berada di ‘Trash’ akan terhapus. Namun jangan salah, file yang tersimpan dalam ‘Trash’ akan tetap memenuhi ruang penyimpanan. Karena itu, jangan lupa mengkosongkan ‘Trash’ setiap kali Anda menghapus file. Caranya: Klik kanan pada ‘Trash’ lalu klik ‘Empty Trash’.
  • Identifikasi File. Melalui fitur ‘Reduce Clutter’, pengguna dapat mengidentifikasi file berukuran besar dan tidak perlu dipergunakan lagi. Akan ditampilan perkategori, file-file apa yang memenuhi ruang dan dapat Anda hapus karena telah jarang digunakan.
Baca Juga:  Akhirnya Android Punya Akun Instagram Resmi

Tutorial 4: Jalankan Aplikasi yang dibutuhkan

Salah satu penyakit pengguna Mac adalah seringkali menggunakan beberapa aplikasi secara sekaligus hingga menimbulkan overheating. Pastikan Anda menutup aplikasi yang tidak akan digunakan. Dengan begitu dapat menghemat RAM yang digunakan.

Tutorial 5: Restart Aplikasi

Sekali-kali Anda wajib melakukan restart aplikasi karena dapat mengurangi kapasitas RAM.

Tutorial 6: Hapus Email di Mail

Banyak pengguna enggan untuk menghapus email-emailnya sehingga menumpuk hingga puluhan ribu pesan. Padahal ini yang menyebabkan kapasitas memori menjadi penuh. Buat kategori email yang memang penting sehingga tidak perlu dihapus, sementara lainnya harus dihapus secara berkala.

Terlepas dari harga Mac yang fantastis, perangkat ini tidaklah sempurna apabila penggunanya pun tidak bijak dalam menggunakan. Cek secara berkala dan identifkasi penggunaan Mac untuk menjaga kualitasnya.