Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips Mengekstrak Data dari File Zip yang Corrupted atau Rusak

[Gambar: computerworlduk.com]
File dengan format zip lazim digunakan untuk berbagi data melalui internet. Jika mengunduh sejumlah file dari Google Drive, misalnya, file-file tersebut secara otomatis akan dimasukkan ke dalam file dengan format zip. Banyak juga pengguna yang mengirimkan data penting yang bersifat rahasia dan memasukkannya ke dalam file zip yang diamankan password melalui internet.

Terkadang, ketika koneksi internet sedang tidak stabil saat Anda sedang mengunduh file zip, atau mungkin saat ada gangguan ketika Anda tengah menyalin file zip tersebut, ada kemungkinan file zip tersebut mengalami kerusakan atau corrupted. Kalau itu yang terjadi, maka Windows maupun program file zip standar seperti 7-Zip biasanya tidak akan bisa mengekstrak file zip tersebut atau bahkan tidak bisa mengaksesnya sama sekali. Padahal, belum tentu semua file yang ada pada file zipMemperbaiki file zip yang rusak tidaklah mudah mengingat sedikitnya program gratis yang tersedia untuk memperbaiki file zip. Untungnya, masih ada program gratisan bernama ZIP Repair dan DiskInternals yang bisa membantu Anda untuk mengekstrak file dari file zip yang rusak.

DiskInternals ZIP Repair free


Program DiskInternals ZIP Repair merupakan sebuah program gratis yang memungkinkan Anda untuk mengekstrak data dari dalam file zip yang rusak dengan mudah. Saat Anda memilih file zip yang ingin diperbaiki, program ini akan memindai data-data yang mengalami kerusakan, kemudian mengekstrak semua file tersebut dari file zip lama ke dalam sebuah file zip yang baru. Mengenai ukuran dari programnya sendiri, ZIP Repair Free ini tergolong sangat ringan, dengan file setup yang hanya berukuran di bawah 600 KB saja. Program ini juga sudah mendukung sistem operasi Windows 10 versi 32-bit dan 64-bit. Program ini juga mendukung sistem operasi sebelum Windows 10.

DiskInternals ZIP Repair merupakan program yang sangat berguna bagi para pengguna PC yang ingin mengekstrak file dari file zip yang rusak. Jika Anda memiliki file zip yang corrupted atau rusak, tidak ada salahnya mencoba program ini terlebih dahulu. Meskipun mungkin tidak bisa memperbaiki file zip yang sudah rusak, namun setidaknya program ini memungkinkan Anda untuk mengekstrak semua file yang ada di dalamnya.

Cara mengekstrak file dari file zip yang rusak di Windows 10 

Langkah 1: Unduh program ZIP Repair, jalankan file setup, kemudian jalankan program ZIP Repair.

Langkah 2: Setelah halaman home program ZIP Repair terbuka, klik tombol Next untuk melanjutkan.

Langkah 3: Pada kolom corrupted file, klik tombol Browse untuk membuka file zip yang rusak atau corrupted. Klik Browse pada bagian Repaired file untuk memilih lokasi penyimpanan file zip baru yang berisi file yang diekstrak dari file zip lama. Klik tombol Next.

Langkah 4: Anda akan melihat data-data yang ada di dalam file zip yang corrupted atau rusak. Klik tombol Next untuk membuat file zip baru yang berisi data-data tersebut.

Selesai! Kini Anda bisa membuka file zip dengan program pengekstrak file zip standar yang biasa Anda gunakan sebelumnya.