Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone Ala CEO Apple

[Foto: digitaltrends.com]
Dewasa ini, perangkat smartphone yang beredar di pasaran rata-rata sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Namun, risiko kehabisan baterai saat berada di tengah jalan tetap saja tinggi. Apalagi kehabisan baterai di saat momen-momen penting, tentu akan menyebalkan.

Maka tidak heran jika smartphone bisa diisi lebih dari sekali dalam sehari. Apalagi kini banyak pengguna yang sering kali mengisi daya lewat powerbank meski tidak sedang darurat. Padahal, keseringan menggunakan powerbank bisa membuat daya tahan baterai smartphone berkurang.

Semua pengguna gadget tentu ingin perangkatnya memiliki baterai yang awet dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai. Tentu Anda sudah sering membaca tips tentang menghemat daya baterai smartphone. Namun, tips dari CEO Apple Tim Cook berikut ini patut Anda coba untuk menghemat baterai ponsel. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Yahoo.

Pastikan Cahaya Ponsel Tidak Terlalu Terang

Anda bisa mengatur sendiri seberapa terang layar ponsel sesuai kebutuhan. Layar merupakan aspek paling boros energi pada ponsel. Jadi, jika Anda tidak suka mengubah-ubah ponsel secara manual sesuai kebutuhan, sebaiknya gunakanlah fitur auto brightness.

Gunakan Fitur Screen-Lock Timer


Tips selanjutnya masih soal layar. Jika Anda ingin menghemat baterai, sebaiknya aktifkanlah fitur screen-lock timer. Jadi, layar ponsel Anda akan mati sendiri setelah beberapa saat. agar layar tidak memakan banyak energi baterai, waktu yang disarankan adalah 30 detik.

Matikan Fitur Push Notifications

Sering kebanjiran notifikasi dari game yang ‘meminta’ untuk dimainkan kembali? Setiap kali notifikasi ini dikirim, perangkat terpaksa bangun dan menyalakan layar selama beberapa saat selagi menunggu input dari pengguna.

Mematikan Push Notification untuk beberapa aplikasi yang tidak perlu memang hanya akan sedikit menghemat baterai. Namun setidaknya, hal ini juga bisa mengurangi gangguan yang timbul. Sebaliknya, jika fitur ini hidup, ponsel akan terus menggunakan koneksi internet dan akibatnya baterai jadi lebih boros.

Mengatur Background Refresh Setting

Jika ada aplikasi yang tidak digunakan tetapi belum ditutup (berada dalam background), biasanya aplikasi ini bisa tetap aktif atau berada dalam mode freeze. Anda bisa mengatur sendiri aplikasi apa saja yang memang tetap harus berjalan walau dalam background dan aplikasi mana saja yang bisa dibekukan selama tidak dibuka. Semakin banyak aplikasi yang dibekukan, semakin hemat pula baterai Anda.

Perhatikan Sinyal

Sinyal selular menghabiskan lebih banyak baterai daripada koneksi internet. Jadi sebisa mungkin gunakanlah jaringan WiFi, daripada menggunakan paket data Anda. Bila sedang dalam liburan atau tidak ingin diganggu, mode pesawat juga bisa dipilih. Namun ingat bahwa dalam mode ini, Anda mungkin tidak bisa dijangkau jika ada orang yang hendak memberikan kabar penting.

Matikan Opsi Location dari Berbagai Aplikasi yang Tidak Terlalu Krusial

Salah satu yang sangat memakan daya baterai adalah fitur lokasi yang didukung oleh fitur GPS. Jika Anda sama sekali tidak butuh fitur lokasi, Anda bisa menonaktifkan opsi Location secara keseluruhan di ponsel.

Selalu Update Software Terbaru

Dalam setiap versi aplikasi terbaru biasanya selalu ada optimalisasi efektivitas penggunaan baterai. Jadi, secara umum aplikasi yang lebih baru lebih tidak memakan baterai. Jadi sebisa mungkin selalu gunakan aplikasi versi terbaru.

Gunakan Mode Hemat Baterai

Sebagian besar smartphone yang ada di pasaran sudah didukung fitur mode hemat baterai. Tidak ada salahnya jika Anda mengaktifkan fitur ini. Karena biasanya, mode ini memang bisa membuat ponsel lebih hemat.