Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips Merawat Apple Watch Anda Agar Selalu Awet

[Foto: idownloadblog.com]
Apakah Anda merupakan pengguna Apple Watch? Jika ya, mungkin Anda sadar bahwa dengan banderol harga Rp 7,5 juta ke atas di Indonesia, ada baiknya jika Anda menggunakan smartwatch yang satu ini dengan apik dan rapi. Sayang sekali kan, kalau smartwatch sekelas ini rusak hanya gara-gara kelalaian penggunanya? Jangan khawatir. Di kesempatan ini, saya akan berbagi tips bagaimana caranya untuk merawat dan menjaga Apple Watch Anda agar awet.


Hindari kontak berlebihan dengan air. Ingat, Apple Watch tidaklah waterproof atau anti air. Memang, smartwatch yang satu ini splash-resistant yang artinya tidak akan kenapa-kenapa kalau terkena percikan air. Namun, jangan sampai Anda memasukkan pergelangan Anda ke dalam air sambil menggunakan Apple Watch. Ketika sedang mandi, berenang, atau mungkin sedang mencuci piring, sebaiknya Anda melepas Apple Watch tersebut. Selain itu, untuk jaga-jaga sebaiknya hindari aktivitas-aktivitas yang banyak melibatkan air, misalnya memancing atau mendayung.

Hindari suhu yang ekstrim. Apple tidak menyatakan secara eksplisit ketentuan suhu yang optimal untuk Apple Watch. Namun, jika disetarakan dengan iPhone, iPod Touch, iPad, dan Macbook, maka kita harus selalu ingat bahwa suhu pengoperasian yang disarankan adalah 0° sampai 35° C. Kondisi suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa menyebabkan terjadi malfungsi pada perangkat tersebut. Saat sedang tidak beroperasi, Anda bisa menyimpan perangkat di tempat dengan suhu antara -20° to 45° C. Jangan tinggalkan perangkat di dalam mobil, karena suhunya pada mobil yang diparkir bisa lebih tinggi.

Hindari benturan atau bantingan. Meskipun Apple mengunggulkan ketangguhan bodi Apple Watch dalam promosinya, namun tidak ada salahnya berhati-hati, bukan? Untuk itu, ada baiknya jika Anda memasangkan bumper atau case khusus untuk Apple Watch Anda. Dengan begini, kerusakan yang diakibatkan oleh benturan atau bantingan bisa diminimalisir.